Rekrutmen CPNS - Ini Alasan Kaum Milenial Masih Tertarik Jadi PNS

Menurut informasi yang disampaikan Badan Kepagawaian Negara (BKN) mulai bulan Oktober 2019 Pemerintah akan kembali merekrut CPNS

Rekrutmen CPNS - Ini Alasan Kaum Milenial Masih Tertarik Jadi PNS
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur saat menyerahkan SK kepada CPNS di Aula Kantor Bupati Lembata, Senin (6/5/2019). 

Rekrutmen CPNS - Ini Alasan Kaum Milenial Masih Tertarik Jadi PNS

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Menurut informasi yang disampaikan Badan Kepagawaian Negara (BKN) mulai bulan Oktober 2019 Pemerintah akan kembali merekrut CPNS untuk berbagai instansi dan profesi.

Sudah pasti informasi ini disambut dengan antusias para pencari kerja atau generasi muda yang ingin menjadi PNS .

Menjadi Pegawai Negeri Sipil ( PNS) rupanya masih menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia. Tak terkecuali bagi generasi  atau kaum milenial.

Hal ini tercermin dari setiap pembukaan pendaftaran CPNS yang dibuka pemerintah tiap tahunnya. Masyarakat Indonesia dari berbagai umur selalu berbondong-bondong mengikuti seleksi CPNS.

Lantas, apa yang menyebabkan para generasi milenial masih tertarik mengikuti seleksi CPNS?

Melansir kompas.com, Konsultan HR Human Capital Development PPM Manajemen, Maharsi Anindyajati mengatakan, salah satu hal yang membuat lowongan PNS masih menarik bagi generasi milenial adalah unsur keamanannya.

“Menjadi PNS lebih ‘aman’ dibanding karyawan swasta atau wirausaha. Karena kemungkinan kementerian ditutup, pegawai di-PHK sangat kecil. Pada milenial, job security juga masih menjadi alasan utama, milenial mencari pekerjaan yang memiliki job security yang tinggi,” ujar Maharsi kepada Kompas.com, Senin (19/8/2019).

Selain itu, lanjut Maharsi, menjadi PNS bagi generasi milenial juga bisa memberikan kesempatan lebih untuk melanjutkan pendidikan. Sebab, banyak program beasiswa dari tiap kementerian untuk para PNS.

“Kesempatan untuk belajar ini bisa diartikan tidak hanya di dalam institusi, namun justru untuk mencari kesempatan di luar institusi dengan membawa bendera institusi. Misal, dengan menjadi PNS akan lebih mudah mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri,” kata Maharsi.

Halaman
1234
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved