Kabupaten TTS - Lestarikan Budaya, Dinas P dan K Gelar Parade Budaya

129 kontigen yang terdiri dari perwakilan sekolah-sekolah tingkat SD hingga SMA, OPD lingkup Pemda TTS dan barisan khusus yang terdiri dari para kepal

Kabupaten TTS - Lestarikan Budaya, Dinas P dan K Gelar Parade Budaya
Pos Kupang.com/dion kota
Nampak suasana pelepasan kontingen parade budaya di depan gor Nekmese soe 

Laporan Reporter Pos Kupang. Com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE - Masih dalam semarak HUT RI Ke-74, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Senin (19/8/2019) sore menggelar Parade Budaya. Parade budaya sendiri mengambil start di gedung GOR Nekmese dan finis di lapangan Puspenmas Kota Soe.

Sebanyak 129 kontigen yang terdiri dari perwakilan sekolah-sekolah tingkat SD hingga SMA, OPD lingkup Pemda TTS dan barisan khusus yang terdiri dari para kepala OPD ikut ambil bagian dalam parade budaya yang dilepas secara resmi oleh Bupati TTS, Egusem Piether Tahun.

Bupati Tahun dalam sambutannya mengatakan, kegiatan parade budaya merupakan salah satu usaha pemerintah Kabupaten TTS dalam melestarikan budaya daerah sekaligus meningkatkan ekonomi para penenun. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya kepada anak-anak.

" Ini kegiatan yang bagus dan akan kita jadikan agenda tahunan. Kita ingin melestarikan budaya kita agar tetap lestari. Oleh sebab itu, anak-anak kita sejak dini harus kita kenalkan dengan budaya kita, salah satu medianya adalah parade budaya ini," ungkap Bupati Tahun.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Edison Sipa mengucapakan terima kasih kepada seluruh kontigen yang sudah ambil bagian dalam parade budaya tahun ini.

Selain menampilkan keragaman pakaian adat dan tenun, dalam parade ini juga digelar fashion show, tarian adat dan cerita rakyat. Parade budaya sendiri akan berlangsung dari tanggal 19 hingga 24 Agustus mendatang berpusat di lapangan Puspenmas Kota Soe.

" Dalam kegiatan parade ini selain menampilkan pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia, juga menampilkan atraksi tarian, fashion show dan juga cerita adat dari kabupaten TTS. Kita berharap melalui kegiatan ini kita bisa melestarikan budaya kita yang merupakan jati diri kita," ujarnya.

Setelah dibuka hari ini, selanjutnya parade budaya akan di isi dengan perlombaan fashion show budaya daerah, tarian, lagu daerah dan lomba bercerita.

Gubernur NTT Lepas Peserta Karnaval Budaya

BREAKING NEWS: Jatanras Polres Manggarai Tangkap Pelaku Judi KP di Desa Cumbi

" Kita berharap melalui kegiatan ini, kita bisa menggali kekayaan lokal daerah kita. Apa yang menjadi kekayaan kita, kita tampilkan untuk dalam parade budaya ini," pungkasnya.

Pantauan pos Kupang, dalam parade budaya ini, pada kontingen berjalan kaki sekitar 2 Km dari Gor Nekmese menuju lapangan Puspenmas Kota Soe. Para kontingen nampak menggunakan pakaian adat. Ada juga kontigen yang membawa alat musik gong dan okomama. Rombongan kontigen dipimpin oleh drumband dari SMP Sint Vianney Soe. (*)

Siswi SMA Dijadikan Selingkuhan Oknum Guru Muda, Ini Ruang Tempat Mereka Berhubungan Intim

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved