Ini Jumlah Kebutuhan Darah di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu dalam Sehari

Kebutuhan darah di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, Kabupaten Sumba Timur untuk bulan Juli 2019 mencapai 325 kantong darah. Sedangkan rata-rata perhari 1

Ini Jumlah Kebutuhan Darah di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu dalam Sehari
POS-KUPANG. COM/Dok.PMI Sumba Timur
DONOR DARAH---Remaja mesjid Al-Ma'ruf Matawai sedang mendonorkan darah. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU---Kebutuhan darah di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, Kabupaten Sumba Timur untuk bulan Juli 2019 mencapai 325 kantong darah. Sedangkan rata-rata perhari 10 sampai 11 kantong darah untuk kebutuhan darah bagi pasien.

Direktur RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Dokter Lely Harakai, M.Kes menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Senin (19/8/2019) siang.

Dokter Lely mengatakan, jika stok darah tidak mencukupi dibantu dengan donor dari pihak keluarga pasien atau donor sukarela melalui himbauan di media sosial (FB atau grup WA). UTD juga selalu meminta pihak keluarga untuk menyediakan donor pengganti untuk menjaga kesinambungan jumlah stok darah di blood bank.

"Stok darah  di UTD RSUD saat ini 8 kantong PRC  yaitu 2 kantong darah A, 2 kantong darah B, 1 kantong darah AB, 3 Kantong darah O. Sedangkan, darah hasil mobil unit dari mesjid kampung got hari ini belum tiba sehingga belum dihitung,"jelas Dokter Lely.

Siswi SMA Dijadikan Selingkuhan Oknum Guru Muda, Ini Ruang Tempat Mereka Berhubungan Intim

Esok Mau Dilamar, Pria ini Malah Setubuhi Bidan yang Akan Dilamar Kekasihnya, Ini Alasan Pelaku

Dokter Lely juga mengatakan, golongan darah yang paling dibutuhkan atau karena sulit didapat adalah golongan darah AB dan golongan A. Golongan darah O dan B lebih mudah didapat, dan khususnya golongan darah yang paling sering diminta adalah golongan darah O.

Dokter Lely juga mengatakan, pemenuhan kebutuhan darah RSUD diperoleh selama ini dari hasil mobil unit bekerja sama dengan PMI Sumba Timur, donor pengganti dari keluarga pasien, donor sukarela yang datang secara rutin ke UTD setiap 3 bulan.

"Yang terakhir ini jumlahnya sangat sedikit 5 sampai dengan 10 orang perbulan. Jumlah perolehan darah terbanyak dari donor pengganti dari keluarga pasien,"akunya.

Direktur RSK Lindimara, Waingapu, Dr. Alhairani K.L.M.Mesa kepada POS-KUPANG.COM, Senin (19/8/2019) mengatakan kebutuhan darah di RSK tersebut masih pas.

"kebutuhan darah pas. Darah diambil dari donor dari keluarga pasien dan dari UTD RSUD,"kata dokter Alhairani.

Halaman
12
Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved