Hasil Survei Cyrus Ternyata 42,8 Persen Masyarakat Inginkan Jokowi Ajak Prabowo Gabung Pemerintah

Namun hingga kini Ketua Umum Partai Gerindra tersebut belum menunjukan jalan mana yang bakal ditempuh.

Hasil Survei Cyrus Ternyata 42,8 Persen Masyarakat Inginkan Jokowi Ajak Prabowo Gabung Pemerintah
Instagram Pramono Anung
Saat Jokowi dan Prabowo bersama menaiki kereta MRT dari Stasiun Lebak Bulus, Sabtu (12/7/2019). Pertemuan ini bersejarah karena menandakan rekonsiliasi di antara dua kubu yang selama ini membuat masyarakat terbelah sepanjang pemilihan presiden. 

Hasil Survei Cyrus Ternyata 42,8 Persen Masyarakat Inginkan Jokowi Ajak Prabowo Gabung Pemerintah

POS KUPANG.COM, JAKARTA – Desas-desus mengenai calon Presiden No urut 02, Prabowo Subianto bersama gerbongnya gabung ke pemerintahan Joko Widodo menuai pro dan kontra.

Namun hingga kini Ketua Umum Partai Gerindra tersebut belum menunjukan jalan mana yang bakal ditempuh.

Sebanyak 42,8 persen masyarakat menganggap presiden terpilih Joko Widodo perlu mengajak mantan pesaingnya pada Pilpres 2019 Prabowo Subianto bergabung di pemerintahan. 

Itu merupakan hasil jajak pendapat yang dirilis lembaga survei Cyrus Network di Hotel Ashley, Jakarta, Jumat (9/8/2019). 

Managing Director Cyrus Network, Eko David Afianto, menyatakan, keinginan masyarakat tersebut sebagian besar merupakan dampak pertemuan antara Jokowi dan Prabowo pada 13 Juli 2019 di Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus. 

"Sebagian besar responden, yakni sekitar 63 persen mengapresiasi pertemuan yang dilakukan Jokowi dan Prabowo. Dari pertemuan itu, 42,8 persen masyarakat menginginkan Jokowi mengajak Prabowo bergabung dengan pemerintah," ujar Eko.

Prabowo Merasa Dipanasi Inginkan Rusuh, kini Penumpang Gelap Kaget Hingga Gigit Jari

Ahok Bukan Sekedar Ceraikan Veronica Tan, Setelah Nikahi Puput ini Perlakuan BTP pada Mantan

Sebut Khusus Prabowo dan Ahok di Kongres PDI-P, Megawati: Siap Tempur?

Publik, lanjutnya, menganggap pertemuan perdana Jokowi dan Prabowo di stasiun MRT merupakan langkah rekonsiliasi bangsa dan bukan sekadar bagi-bagi kekuasaan atau jabatan.

Sebanyak 57,7 persen responden juga berharap ada pertemuan kedua, bahkan ketiga antara Jokowi dan Prabowo.

Dalam hasil jajak pendapat itu pula, sebanyak 3,4 persen responden menilai Jokowi sangat perlu mengajak Prabowo bergabung ke dalam pemerintah.

Di sisi lain, Eko mengemukakan, pihaknya juga menemukan bahwa ada kelompok masyarakat yang menganggap Jokowi tak perlu mengajak mantan Danjen Kopassus tersebut bergabung dengan pemerintahan ke depan.

"Ada 22,3 persen yang menganggap tidak perlu. Sementara ada 1,8 persen yang menganggap sangat tidak perlu jika Jokowi mengajak Prabowo harus bergabung nanti, " jelasnya.

Dalam rilis itu juga, ada sekitar 17,1 persen yang hanya menilai biasa saja jika Jokowi akan mengajak Prabowo bergabung.

Adapun Cyrus Network melaksanakan survei nasional pascapemilu pada 22-28 Juli 2019. Survei ini mengambil sampel 1.230 responden dk 34 provinsi. Tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebesar kurang lebih 3 persen. Sedangkan survei ini dibiayai secara mandiri. Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Be

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Cyrus: 42,8 Persen Masyarakat Ingin Jokowi Ajak Prabowo Gabung Pemerintah", https://nasional.kompas.com/read/2019/0/09/22422061/survei-cyrus-428-persen-masyarakat-ingin-jokowi-ajak-prabowo-gabung

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved