Idul Adha 2019

Idul Adha - Sapi Mika Dethan Dibeli Presiden Jokowi seharga Rp 75 Juta

Mika Dethan, peternak sapi asal Desa Rebeka, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, senang sapi miliknya dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sap

Idul Adha - Sapi Mika Dethan Dibeli Presiden Jokowi seharga Rp 75 Juta
foto : Dokumen Humas Setda Kupang
Sapi milik Mika Dethan yang dibeli Jokowi ketika mengikuti kontes sapi tingkat Kabupaten Kupang akhir Juni 2019 dengan berat 917 kilogram, kini berat mencapai 981 kilogram. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Mika Dethan, peternak sapi asal Desa Rebeka, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, senang sapi miliknya dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sapi milik Mika Dethan yang menjadi juara II Kontes sapi tingkat Kabupaten Kupang akhir Juni 2019 lalu  ini dijual dengan harga Rp 75 juta dengan berat 981 kilogram, dibeli Jokowi untuk Hari Raya Idul Adha nanti.

Mika Dethan yang dihubungi POS KUPANG.COM, Kamis (8/8/2019) menuturkan, sapi yang dibeli Jokowi ini memang pada Kontes Sapi belum lama ini diikutsertakan. Saat itu, berat bersihnya 917 kilogram dan meraih juara II sedangkan juara I diraih peserta dari Oesao.

Dijelaskannya, pada hari raya Idul Adha ini, tim dari Dinas Peternakan NTT dan Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, ditugaskan mencari sapi untuk kurban yang dipesan Jokowi. Tim kemudian mendatangi pemilik sapi juara I kontes di Oesao tetapi harganya dipatok Rp 100 juta dan ditawar turun Rp 90 juta.

"Karena tidak cocok harga maka Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang datang bertemu saya. Kadis tanyakan apakah sapi saya dijual dan saya bilang dijual. Saya patok harga Rp 80 juta. Tapi kemudian ditawarkan turun Rp 75 juta dengan berat saat ini 981 kilogram," kata Mika.

Menurut Mika, dirinya sangat gembira ketika diinformasikan kalau sapi miliknya dibeli Presiden Jokowi. Sejak ditawarkan dan sampai saat ini sebelum dibawa ke Kota Kupang, Sabtu (10/8/2019) nanti, dirinya tetap menjaga dan merawat.

Mantan Kekasih Digugat Ganti Rugi Rp 408 juta Ajukan Dua Orang Saksi di PN Maumere

Kabupaten Kupang- Desa Manusak Hasilkan Perdes Desa Siaga Aktif

"Ini penghargaan buat bapak presiden apalagi beliau menang suara cukup besar di NTT. Saya berikan dari ketulusan hati buat pak presiden. Sekarang tinggal tunggu jadwal untuk bawa ke Kupang dan uangnya juga sudah masuk ke rekening saya. Saya berterima kasih buat pak presiden karena sapi saya yang dibeli," ujar Mika.

Menurut Mika, sapi yang dipeliharanya selama ini pernah juga dibeli salah satu pengusaha di TTS dengan harga Rp 80 juta. Sapi yang dibeli Presiden Jokowi dengan harga jutaan ini merupakan sapi kedua.

"Jadi waktu saya dikabari tim Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, saya tetap jaga. Saya tidak terlalu takut nanti ada orang yang ganggu atau apa, karena di Desa Rebeka sangat aman," katanya.

Mika menambahkan,  waktu ada kepastian sapi saya mau dibeli, beratnya 931 kilogram pada beberapa minggu lalu. Sejak itu dirinya tetap memberi makan dan sampai saat ini beratnya naik jadi 981 kilogram.

"Sebelum dibawa ke Kupang nanti ditimbang lagi oleh tim Dinas Peternakan NTT dan saya bisa pastikan berat mencapai 1 ton," ujar Mika berapi-api. (*)

 

 

  

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved