Begini Capaian Hasil Cabai Sekali Panen Petani di Tohe Raihat Belu, Simak Pesan Bupati Willy

Jose gunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah hidup rumah tangga dan biaya pendidikan anak.

Begini Capaian Hasil Cabai Sekali Panen Petani di Tohe Raihat Belu, Simak Pesan Bupati Willy
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Jose Dosantos Tilman (bertopi) menceritakan usaha cabainya kepada Bupati Belu, Willybrodus Lay saat acara panen, Selasa (6/8/2019). 

Begini Capaian Hasil Cabai Sekali Panen Petani di Tohe Raihat Belu, Simak Pesan Bupati Willy

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA--Petani cabai di Tohe, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Jose Dosantos Tilman mendapat penghasilan sebesar Rp 12 juta sekali panen. Panen cabai dilakukan setiap 10 hari.

Jose adalah anggota Kelompok Tani (Poktan) Maju Bersama, Desa Tohe, Kecamatan Raihat. Ia mulai bergelut dengan usaha tanam cabai sejak tahun 2002. Ia memiliki lahan seluas satu hektare.

Jose mengatakan hal itu kepada Pos Kupang. Com saat ditemui di kebun cabainya, Selasa (6/8/2019).

Di katakannya, ia menyewa lahan milik warga setempat untuk mengembangkan tanaman cabai sejak tahun 2002. Selama ini, hasil panen cabai sangat memuaskan. Setiap 10 hari, ia melakukan panen cabai dengan jumlah pendapatannya Rp 12 juta.

"Setiap 10 hari kita panen. Satu kali panen bisa dapat 11-12 juta rupiah", kata Jose.

Menurut Jose, biaya sewah lahan, tenaga kerja dan biaya operasional lainnya diperkirakan mencapi Rp 6 juta sehingga dari pendapatan Rp 12 Juta, memperoleh keuntungan sekitar Rp 6 juta setiap kali panen.

Hasil pendapatan tersebut, Jose gunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah hidup rumah tangga dan biaya pendidikan anak.

Ditanya mengenai pasaran cabai, Jose mengatakan, hasil panen cabai tersebut selain dijual di Atambua juga dipasarkan ke Jawa. Jose memiliki jaringan bisnis cabai di Jawa sehingga hasil produksi cabai tetap terjual semua.

Bahkan hasil panen di kebun Jose sendiri tidak cukup memenuhi kebutuhan dari Jawa. Jose bersama anggota kelompok yang lain menyediakan stok untuk dikirim ke Jawa. Luas lahan garapan untuk kelompok Maju Bersama mencapai 17 hektare.

Bupati Belu, Willybrodus Lay saat tanya Pos Kupang. Com mengaku senang dan gembira karena warganya memanen cabai dengan hasil yang memuaskan.

Menurut Bupati Willy, pemerintah terus mendorong petani agar petani tetap semangat dan konsisten dalam mengembangkan usaha cabai.

Pemerintah pasti akan mengintervensi dengan berbagai program untuk mendukung masyarakat.

TES KEPRIBADIAN: Kepoin Bagaimana Orang Lain Melihatmu Melalui Binatang yang Kamu Pilih

Empat Pulau di NTT Hari Ini Berpotensi Terjadi Angin Kencang Jadi Waspada lah!

"Kita pasti dukung. Kalau tidak dukung tidak mungkin kita bisa panen hari ini", kata Bupati Willy. (jLaporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved