Di Era SBY 10 Tahun Oposisi, tak Punya Menteri, PDI-P Bisa Sukses, Hasto: Ini Kuncinya

Di Era SBY 10 Tahun Oposisi, tak Punya Menteri, PDI-P Bisa Sukses, Hasto Kristiyanto: Ini Kuncinya

Di Era SBY 10 Tahun Oposisi, tak Punya Menteri, PDI-P Bisa Sukses, Hasto: Ini Kuncinya
KOMPAS.com/Ihsanuddin
Diskusi jelang kongres di Kantor DPP PDI-P, Jakarta, Sabtu (3/7/2019). 

Di Era SBY 10 Tahun Oposisi, tak Punya Menteri, PDI-P Bisa Sukses, Hasto Kristiyanto: Ini Kuncinya

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ( PDI-P) Hasto Kristiyanto mengenang saat partainya menjadi oposisi di 10 tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Hasto mengatakan, meski Megawati kalah dari SBY di pilpres 2004 dan 2009, namun PDI-P tetap konsisten berada di luar pemerintahan dan tak tergoda kursi menteri.

DPRD NTT Minta Semua Pihak Dukung Proyek Jalan Waijarang-Wulandoni

"Pada 2004 kami kalah pemilu di dalam sebuah era awal, tapi kami konsisten dalam politik untuk membangun demorkasi yang sehat," kata Hasto dalam diskusi jelang Kongres V PDI-P, di Kantor DPP PDI-P, Jakarta, Sabtu (3/8/2019).

"Dan Alhamdulillah, kami tidak punya menteri, dimana menteri dianggap sebagai instrumen survival bagi partai politik," sambung dia.

Jokowi Tak Lagi Capres Tahun 2024, Bagaimana Nasib PDI-P? Ini Prediksi Pengamat

Hasto menambahkan, meski berada di luar pemerintah, namun hal ini tak membuat partai berlambang banteng moncong putih itu mati. Bahkan PDI-P terus bisa bertahan dan menjadi pemenang pemilu legislatif serta pemilu presiden pada 2014 dan 2019.

"Tidak punya menteri selama dua periode pun PDI-P bisa survive, kami bisa sukses. Dan proses kaderisasi terus dilakukan," jelas Hasto.

Hasto menilai kemenangan Jokowi serta PDI-P di dua pemilu terakhir adalah hasil buah kaderisasi parpol yang terus berjalan. Ia pun memastikan PDI-P akan terus berbenah diri supaya bisa menjadi lebih baik di pemilu-pemilu selanjutnya.

"Prinsipnya bagi kami di 2024 kami akan menyiapkan sebaik-baiknya. Rakyat yang akan menentukan," kata dia. (Kompas.com/Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PDI-P: Kami Tak Punya Menteri di 10 Tahun Era SBY, tetapi Bisa Sukses",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved