Inilah Komitmen Warga Desa Kuanheum Terkait Tenun Ikat

Warga Desa Kuanheum di Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, berkomitmen mengembangkan sentra tenun ikat sebagai ikon desa.

Inilah Komitmen Warga Desa Kuanheum Terkait Tenun Ikat
POS KUPANG/ISTIMEWA
Warga Desa Kuanheum di Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, mengikuti latihan tenun ikat, Kamis (1/8/2019) lalu. 

Inilah Komitmen Warga Desa Kuanheum Terkait Tenun Ikat

POS-KUPANG.COM I OELAMASI--Warga  Desa Kuanheum di Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, berkomitmen mengembangkan sentra tenun ikat sebagai ikon desa.

Selain sebagai ikon desa, tenun ikat menjadi salah satu upaya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat khususnya kaum perempuan di Desa Kuanheum dengan intervensi Dana Desa tahun 2019.

Kepala Desa Kuanheum, Esmundus Finit, menyampaikan hal ini di ruang kerjanya, Jumat (2/8/2019).

Menurutnya, angkah awal yang di tempuh pemerintah desa saat ini yaitu memberikan pelatihan bagi 20 orang kaum perempuan yang berasal dari 4 dusun. Dirinya sangat optimis, tenun ikat yang dihasilkan dari Desanya memiliki kualitas yang tidak kalah dengan hasil dari daerah lainnya di NTT.

Pelatihan yang dilakukan sejak 29 Juli - 3 Agustus 2019, katanya, pemerintah desa bekerja sama dengan CV. Ina Ndao sebagai narasumber teknik.
Pelatihan Tenun ikat dipilih sebagai salah satu kegiatan prioritas desa 2019 bertujuan selain ingin terus mengembangkan budaya tenun yang sudah diwarisakan oleh leluhur.

Tujuan lain bahwa tenun ikat memiliki peluang untuk peningkatan ekonomi masyarakat, apalagi sejalan dengan seruan Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat untuk menggunakan tenun ikat setiap har Selasa dan Jumat.

Menurutnya, langkah berikutnya pasca pelatihan adalah 20 orang peserta dapat menjadi instruktur sebaya di dusun masing - masing.

Pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama pelatihan mampu di tularkan kepada kaum perempuan di dusunnya.

Hal ini bermaksud agar tercipta peluang usaha tenun ikat di setiap keluarga yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan taraf hidup keluarga.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved