Beli Rumah Subsidi Melalui Program Ini, Bisa Dapat Bantuan Rp 40 Juta

Masyarakat yang ingin membeli rumah melalui program BP2BT akan mendapatkan bantuan yang besar hingga Rp 40 juta. Ini syaratnya

Beli Rumah Subsidi Melalui Program Ini, Bisa Dapat Bantuan Rp 40 Juta
POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Bobby Pitoby 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - DPD REI NTT terus memberikan edukasi kepada masyarakat NTT untuk bisa memiliki rumah.

"Dalam waktu dekat DPD REI akan menggelar REI Expo. Kami akan gencar mensosialisasikan subsidi bagi MBR dan lainnya dan juga ketentuan pemerintah yang baru yaitu Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT)," ujar Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby, Jumat (26/7/2019).

Lanjutnya REI NTT akan mensosialisasikan BP2BT ke masyarakat. "BP2BT merupakan program baru pendamping FLPP yang agak sedikit berbeda dengan FLPP. Dimana masyarakat akan mendapatkan bantuan mulai Rp 38 juta hingga Rp 40 juta. Bagi masyarakat yang ingin membeli rumah dengan program ini maka akan bantuan di awal," ujarnya.

Ternyata Hutan Mutis Timau Potensi Untuk Produksi Madu Timor

Fakta Kasus AA Hamili Adik Kandung, Keluarga Mengungsi hingga Awal Kecurigaan Warga

Bila penghasilan dibawah Rp 5 juta maka akan memperoleh bantuan hingga Rp 40 juta. Sedangkan penghasilan di atas Rp 5 sampai 6 juta mendapatkan bantuan Rp 38 juta.

Misalnya harga rumah Rp 158 juta, dengan bantuan Rp 40 juta maka sisanya Rp 118 juta masyarakat bisa mengangsur di bank dengan bunga komersil bank saat itu.

 Berbagai upaya dilakukan baik melalui sosialisasi dan pameran agar masyarakat dengan mudah memperoleh informasi terkait perumahan.

Ia mengatakan rencanaya REI Expo akan dibuka oleh Walikota Kupang. Expo kali ini, akan diikuti sekitar 13 sampai 15 developer dengan 30 lokasi yang tersebar di seluruh NTT.

"Jadi bila sudah mendapatkan bantuan di awal maka tidak dapat lagi bunga subsidi. Karena pada program ini gaji pokok Rp 6 juta pun bisa memiliki rumah," ujarnya. Ia berharap pada REI Expo nanti masyarakat bisa berpartisipasi aktif dengan program dari pemerintah ini. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved