Ratusan Sanitarian HAKLI Pengda NTT Diambil Sumpah Profesi

Sebanyak 503 sanitarian yang tergabung dalam Pengurus Daerah (Pengda) Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Provinsi NTT diambil sumpah

Ratusan Sanitarian HAKLI Pengda NTT Diambil Sumpah Profesi
POS-KUPANG.COM/ GECIO VIANA
Pengurus HAKLI Pengda NTT foto bersama usai pengambilan sumpah profesi sanitarian di Hotel Neo El Tari Kupang by Aston Kota Kupang, Sabtu (27/7/2019). 

Ratusan Sanitarian HAKLI Pengda NTT Diambil Sumpah Profesi

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Sebanyak 503 sanitarian yang tergabung dalam Pengurus Daerah (Pengda) Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Provinsi NTT diambil sumpah profesi sanitarian, Sabtu (27/7/2019).

Ratusan sanitarian yang berasal dari beberapa kabupaten di Provinsi NTT ini diambil sumpahnya oleh Ketua Kolegium PP HAKLI Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Neo El Tari Kupang by Aston Kota Kupang dan dirangkai dengan seminar nasional HAKLI bertema 'Meningkatkan Profesionalisme HAKLI untuk Mendukung Integrasi Program STBM dan Stunting Menuju NTT Bangkit, NTT Sejahtera'.

Ketua Umum Pengda HAKLI NTT, Micael J. S. Takesan, SKM., M.Si disela kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan.

Dijelaskannya, kebijakan yang mendasari kegiatan ini adalah UI No 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan yang mengharuskan tenaga kesehatan diambil sumpah profesi sebagai seorang sanitarian.

Bocah Difabel Tewas Dianiaya, Ini Permintaan KPPAD Kalbar

"Semua tenaga kesehatan wajib diambil sumpahnya, sehingga kami dari organisasi Profesi yang tergabung dalam Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI). Kami buat untuk menyelamatkan semua anak-anak (sanitarian) baik yang belum bekerja maupun yang sudah PNS," katanya.

Lebih lanjut, berbekal surat atau keterangan sumpah profesi yang didapat, akan mempermudah para sanitarian untuk mendapatkan pekerjaan.

"Karena kalau mau lamar pekerjaan harus melampirkan sertifikat sumpah. Surat ini ada dulu baru mereka masuk dalam satu tahap selanjutnya yakni Surat Tanda Registrasi (STR). STR ini ibaratnya seperti SIM bagi sanitarian untuk bekerja di NTT maupun luar NTT dan luar negeri," jelasnya.

Usai Dilantik, Kadispora NTT Tegaskan Siap Bekerja

Halaman
12
Penulis: Gecio Viana
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved