Dibeli Jokowi, Idil Relakan Sapi Kesayangannya Dijual untuk Kurban

Dibeli Presiden Jokowi, Idil Relakan Sapi Kesayangannya Dijual untuk Kurban

Dibeli Jokowi, Idil Relakan Sapi Kesayangannya Dijual untuk Kurban
KOMPAS.com/AJI YK PUTRA
Sapi jenis Ongole yang disumbangkan Presiden Joko Widodo untuk perayaan Idul Adha di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (24/7/2019). 

Dibeli Presiden Jokowi, Idil Relakan Sapi Kesayangannya Dijual untuk Kurban

POS-KUPANG.COM | PALEMBANG - Presiden Joko Widodo menyumbangkan sapi jenis ongole seberat 1,1 ton untuk dikurbankan di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, pada saat Idul Adha.

Sapi tersebut dibeli Jokowi dari peternakankan Dwi Karya di Jalan Pangeran Ayin, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Prabowo Bertemu Megawati, Begini Komentar Djarot Saiful Hidayat

Idil Fitriansyah, pemilik sapi, mengatakan, perwakilan dari Istana Presiden sebelumnya datang pada Senin (15/7/2019) untuk membeli sapi tersebut seharga Rp 85 juta.

Idil pun mengaku sempat tak menyangka sapi yang telah ia pelihara dari umur 2 tahun tersebut dipilih presiden untuk dikurbankan.

"Katanya sapi ini gagah dan besar, jadi dipilih presiden untuk dikurbankan di sini. Umur sapinya sekarang sudah 10 tahun," kata Idil, Rabu (24/7/2019).

Prabowo Ternyata Penggemar Nasi Goreng Masakan Megawati

Dalam satu hari, pakan ternak yang disiapkan oleh Idil mencapai 100 kilogram untuk sapi tersebut. Pakan itu berupa ampas tahu, ampas uni, dedak, kulit nanas, dan vitamin.

Sapi jenis ongole tersebut merupakan salah satu dari hewan ternak yang sangat disayangi oleh keluarga Idil. Bahkan, keluarga sempat bingung untuk menjual sapi tersebut.

"Ayah saya sangat sayang dengan sapi ini karena penurut. Antara bingung juga kemarin mau jual atau tidak. Tapi akhirnya dijual karena kami merasa bangga yang membeli adalah presiden," ujarnya.

Pihak dari Dinas Peternakan Sumatera Selatan pun telah memeriksa sapi tersebut. Hasil pengecekan, sapi jenis ongole ini dinyatakan sehat dan siap untuk dikurbankan.

"Nanti kami yang langsung antar ke masjid satu hari sebelum Idul Adha. Pakannya juga disiapkan di sini," katanya. (Kompas.com/Aji YK Putra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Karena yang Beli Jokowi, Idil Relakan Sapi Kesayangannya Dijual untuk Kurban",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved