PLN Siapkan Jalur Transmisi GI Bolok-GI Kupang Peaker, Ini Tujuannya

-Pemberian tegangan listrik (energize) akan dilakukan atas sirkuit kedua Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV) gardu induk (GI) Bolok

PLN Siapkan Jalur Transmisi GI Bolok-GI Kupang Peaker, Ini Tujuannya
istimewa
-Pemberian tegangan listrik (energize) akan dilakukan atas sirkuit kedua Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV) gardu induk (GI) Bolok-GI Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU----Pemberian tegangan listrik (energize) akan dilakukan atas sirkuit kedua Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV) gardu induk (GI) Bolok-GI Kupang Peaker.

Hal itu dilakukan karena pada tanggal 19 Juli 2019 yang lalu, PLN berhasil mendapatkan rekomendasi laik bertegangan (RLB) untuk jalur transmisi tersebut. SUTT 150 GI Bolok-GI Kupang Peaker ini merupakan SUTT 150 kV pertama di Pulau Timor.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Yuyun Mimbar Saputra menyampaikan itu dalam rilis yang diterima POS-KUPANG. COM, Kamis (18/7/2019) siang.

Yuyun mengatakan, dengan terevakuasinya daya dari gardu induk (GI) Bolok ke gardu induk Kupang Peaker melalui jalur transmisi SUTT 150 kV. GI Bolok-GI Kupang ini meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan di Pulau Timor.

"Dengan listrik yang andal, diharapkan dapat menarik investor sehingga bisa mendorong tumbuhnya industri menengah dan besar di setiap daerah,"ujar Yuyun.

Yuyun juga menjelaskan, jalur transmisi yang terdiri dari total 52 titik tower dan memiliki panjang saluran 2x16,55 kilometer sirkit. Pada hari ini sedang dalam proses energize yang nantinya setelah itu akan diresmikan untuk beroperasi.

Yuyun optimis di tahun 2019 ini, beberapa jalur transmisi di Pulau Timor akan siap beroperasi.

"Memang tugas dari PLN untuk membangun infrasruktur kelistrikan, membangun jalur transmisi yang fungsinya mengevakuasi daya ke daerah, sehingga investor tidak perlu khawatir untuk menanamkan modal ke daerah di pulau Timor,"ungkap Yuyun.

 Di Sikka-NTT, Anjing Rabies Gigit Tetangga, Pemilik Anjing Mengungsi, Rumah dan Tanah  Dijual

Kata dia, saat ini gardu induk Bolok IBT 150/70 kV,  juga siap beroperasi pada bulan Mei 2019 lalu. Sementara gardu induk Kupang peaker rencananya akan beroperasi di akhir tahun 2019.

"Sebelumnya PLN telah mengoperasikan jalur transmisi SUTT 70 kV dari Bolok sampai dengan Atambua,"pungkas Yuyun. (*)

 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved