Berita Pendidikan

Kemendikbud Bentuk Satgas Zonasi Pendidikan

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membentuk Satuan Tugas ( Satgas) Zonasi Pendidikan.

Kemendikbud Bentuk Satgas Zonasi Pendidikan
Kompas.com
Kemendikbud Bentuk Satgas Zona Pendidikan 

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membentuk Satuan Tugas ( Satgas) Zonasi Pendidikan.

Satgas ini bertugas memantau pelaksanaan sistem zonasi pendidikan di daerah-daerah yang dibagi menjadi delapan klaster.

Selain itu, ini juga sebagai salah satu usaha pemerintah memperluas akses untuk pemerataan mutu pendidikan.

Belajar Tentang Even Organizer, Mahasiwa PNK Gelar Festival Era 90-an

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy penerapan zonasi akan terus dianjutkan karena dinilai sebagai upaya strategis membangun sistem pendidikan yang maju.

Untuk itu tim satgas yang baru dibentuk ini berperan penting memastikan keberhasilan implementasi sistem zonasi bisa berjalan dengan baik.

"Tim satgas harus menguasai zona yang sudah ditetapkan dengan mempelajari peta di masing-masing zonasi," ujar Muhadjir dalam keterangan di laman resmi Kemendikbud, Kamis (4/7/2019).

Terbagi 9 klaster Dia menambahkan, pelaksanaan sistem zonasi sesuai Permendikbud No 51 Tahun 2018 harus benar-benar diawasi, termasuk di-daerah-daerah, karena berperan penting dalam pembangunan ekosistem pendidikan yang baik.

Persamba Manggarai Barat Pesta Gol Lawan Persarai Sabu Raijua

Dengan demikian, diharapkan nantinya berbagai masalah pendidikan dapat diatasi. "Persoalan mengenai penerimaan siswa baru, serta rotasi guru, pemerataan sarana dan prasarana sekolah dapat terjawab dengan sistem zonasi," imbuh Muhadjir.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, mengatakan, Satgas Zonasi Pendidikan terdiri dari delapan klaster wilayah.

Di masing-masing klaster terdapat pemangku layanan pusat sebagai koordinator dan memiliki anggota Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah.

Pemkot Kupang Mulai Bergerak Susun Master Plan Kupang Smart City

Halaman
123
Editor: Apolonia Matilde
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved