Kota Kupang Alami Deflasi, Bagaimana dengan Kota Maumere?

Berdasarkan hasil penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK), pada Juni 2019, Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 0,61 persen, atau terjadi kenaikan

Kota Kupang Alami Deflasi, Bagaimana dengan Kota Maumere?
Pos Kupang.Com/Yen
JUMPA PERS -- BPS NTT gelar jumpa pers di Aupa Rapat Kantor BPS NTT, Senin (1/7/2019). 

 Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Berdasarkan hasil penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK), pada Juni 2019, Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 0,61 persen, atau terjadi kenaikan IHK dari 126,56 pada bulan Mei 2019 menjadi 127,33 pada Juni 2019.

Pemicu inflasi Juni 2019 di Kota Maumere adalah karena naiknya indeks harga pada tujuh kelompok pengeluaran. Kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks harga  terbesar yaitu kelompok bahan makanan sebesar 1,60 persen diikuti oleh kelompok sandang sebesar  0,42 persen, sedangkan kelompok pendidikan mengalami kenaikan indeks harga terkecil, yaitu  sebesar 0,01 persen.

Kelompok pengeluaran yang memberikan andil terbesar dalam pembentukan inflasi Kota  Maumere bulan Juni 2019 adalah kelompok bahan makanan dengan andil sebesar 0,47 persen.

Man United Kontak Barcelona Guna Datangkan Ivan Rakitic

Kepala Kantor BPS NTT, Ny Maritje Pattiwaellapia, Senin (1/7/2019), menyebutkan beberapa komoditas utama yang menyumbang andil inflasi di Kota Maumere pada Juni 2019 antara lain naiknya harga kangkung, ketela pohon, pepaya, ikan tuna, upah pembantu, ikan layang, tauge, ikan kerapu, daging ayam ras dan dan daging ayam kampung.

Sedangkan komoditas utama yang  menghambat inflasi antara lain turunnya harga daging babi, bawang putih, ayam hidup, kol putih, tomat sayur, asam, sawi hijau, nangka muda, telepon seluler, dan beras jagung. Kota Maumere dalam 5 tahun terakhir pada Juni mengalami lima kali inflasi, inflasi terbesar pada tahun 2019 sebesar 0,61 persen. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved