Ditemukan 323 Lokasi Eksekusi Mati di Korut, Hasil Penelitian Transitional Justice Working Group

Kelompok Hak Asasi Manusia yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, mengklaim telah mengidentifikasi 323 situs eksekusi publik di Korea Utara.

Ditemukan 323 Lokasi Eksekusi Mati di Korut, Hasil Penelitian Transitional Justice Working Group
AFP/ED JONES
Anggota Tentara Rakyat Korea berdiri di sisi Korea Utara dan menghadap ke wilayah Korea Selatan di desa perbatasan, Panmunjom. 

Ditemukan 323 Lokasi Eksekusi Hukuman Mati di Korea Utara, Hasil Penelitian Transitional Justice Working Group

POS-KUPANG.COM, SEOUL - Kelompok Hak Asasi Manusia yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, mengklaim telah mengidentifikasi 323 situs eksekusi publik di Korea Utara.

Seperti diketahui, Korea Utara telah menerapkan penggunaan hukuman mati secara agresif.

Diwartakan Sky News, organisasi HAM Transitional Justice Working Group juga telah mendokumentasikan 25 tempat yang diduga menjadi lokasi pembuangan mayat seusai dieksekusi.

Lebih dari 600 pembelot Korea Utara yang tinggal di Korea Selatan diwawancarai untuk laporan tersebut.

Mereka membantu menemukan lokasi dengan menggunakan citra satelit.

Penduduk dan anggota keluarga terpidana mati sering dipaksa untuk menghadiri eksekusi publik, yang cenderung dilakukan di dekat sungai, ladang, bukit, di pasar, bahkan di halaman sekolah.

Pembelot yang diwawancarai mengklaim telah menyaksikan lebih dari 10 orang dieksekusi pada saat yang sama, dengan ratusan orang berkumpul untuk menyaksikannya.

"Eksekusi bertujuan menanamkan budaya ketakutan di antara masyarakat biasa," kata Direktur Penelitian Transitional Justice Working Group, Sarah A Son.

Penelitian menemukan 35 laporan eksekusi publik dilakukan di tepi sungai, yang diyakini telah dipakai sebagai lokasi eksekusi sejak 1960-an.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved