KPU Belu Tunggu Perintah KPU RI Untuk Persiapkan Dokumen Menghadapi Gugatan Gerindra

Kabupaten Belu menjadi salah satu kabupaten yang disebut dalam materi gugatan dari Partai Gerindra.

KPU Belu Tunggu Perintah KPU RI Untuk Persiapkan Dokumen Menghadapi Gugatan Gerindra
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Ketua KPU Kabupaten Belu, Mikhael Nahak 

KPU Belu Tunggu Perintah KPU RI Untuk Persiapkan Dokumen Menghadapi Gugatan Gerindra

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA---Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu sudah mendapat informasi terkait gugatan hasil pemilu yang diajukan Partai Gerindra ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Kabupaten Belu menjadi salah satu kabupaten yang disebut dalam materi gugatan dari Partai Gerindra.

Lokus gugatan yang diajukan Partai Gerindra adalah perbedaan hasil suara pemilihan DPR RI dan perbedaan suara sah pemilihan anggota DPR RI dari masing-masing tingkatan mulai dari tingkat TPS sampai pleno tingkat pusat.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Kabupaten Belu, Mikhael Nahak saat dikonfirmasi Pos Kupang.Com, Selasa (28/5/2019). Dikatakannya, informasi tentang gugatan yang diajukan Partai Gerindra sudah diperoleh KPU Belu.

Lokus gugatan adalah perbedaan hasil suara pemilihan DPR RI dan perbedaan suara sah pemilihan anggota DPR RI dari masing-masing tingkatan. Untuk mengetahui hal itu, KPU mesti membuka kembali dokumen yang ada dalam kotak dan prosedur membuka dokumen harus sepengetahuan Bawaslu dan disaksikan kepolisian.

Terkait hal itu, KPU Belu masih menunggu perintah KPU RI dalam hal mempersiapkan dokumen secara baik.

"Kita tunggu perintah KPU RI terkait dokumen yang perlu disiapkan," kata Mikhael.

Manggarai Raih Opini WTP dari BPK, Bupati Kamelus : Ini Hasil Kerja Keras Seluruh Staf

18 TKI Dicekal, Dua TKW Mengaku Direkrut Ibu-ibu dari Kuanino Kupang

Menurut Mikhael, pada prinsipnya KPU Belu siap memberikan jawaban dan klarifikasi terhadap gugatan yang diajukan Partai Gerindra.

Kata Mikhael, gugatan ini diajukan secara nasional oleh Partai Gerindra dan untuk Kabupaten Belu hanya mempersoalkan perbedaan suara pemilihan DPR RI yang diperkirakan 1.200 lebih suara. Untuk Partai Gerindra Kabupaten Belu tidak mengajukan keberatan saat pleno di KPU kabupaten.

Mikhael menambahkan, menghadapi gugatan partai Gerindra, KPU masing-masing daerah memiliki kuasa hukum. Kuasa hukum yang akan mengetahui jenis dokumen yang perlu dipersiapkan sesuai dengan inti gugatan. KPU siap memberikan dokumen tersebut sesuai yang diminta. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved