Seusai Pekan Operasi Penertiban Dishub, Bus AKDP dan Travel Kembali Memadati Oesapa

Seusai Pekan Operasi Penertiban Dishub, Bus AKDP dan Travel Kembali Memadati Oesapa

Seusai Pekan Operasi Penertiban Dishub, Bus AKDP dan Travel Kembali Memadati Oesapa
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Bus AKDP dan Travel Liar tampak "ngetem" di kawasan Oesapa Kota Kupang pada Minggu (26/5/2019) sore. 

Seusai Pekan Operasi Penertiban Dishub, Bus AKDP dan Travel Kembali Memadati Oesapa

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Bus Antar Kota Dalam Provinsi ( AKDP) Jurusan Kupang ke beberapa kota di Pulau Timor dan mobil travel kembali memadati tepi jalan Timor Raya, Oesapa, Kota Kupang pada Minggu (26/5/2019) sore.

Pantauan POS-KUPANG.COM, bus-bus dan mobil travel itu tampak diparkir di sisi kiri jalan mengarah ke timur persisinya dari daerah persimpangan Jalan Adi Sucipto hingga daerah Lapangan Latsitarda Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.

Buka Puasa Bersama Forkopimda dan Unsur Masyarakat, Gubernur Sebut Harus Solidaritas Bangun NTT

Tampak para pengemudi dan kernet (kondektur) berdiri di sekitar bis dan mobil travel masing masing menunggu penumpang yang lewat menggunakan angkutan maupun sepeda motor untuk menawarkan tumpangan.

Pemandangan ini kontras dengan pemandangan bebarapa hari sebelumnya ketika Dinas Perhubungan Provinsi NTT bersama aparat gabungan mengadakan operasi penertiban di lokasi tersebut.

2.000 Pekerja Sawit Asal Sikka di Kutai Barat Tak Punya E-KTP

Operasi yang dilaksanakan dengan maksud memantau dan menertibkan lalu lintas harian di terminal Tipe B dan terminal bayangan tersebut menjaring puluhan mobil travel "liar" yang tidak berizin serta bis AKDP yang melakukan pelanggaran trayek dan administrasi yang memilih menunggu penumpang di lokasi itu.

Pada Jumat (24/5/2019), operasi gabungan penertiban ini bahkan dilaksanakan dua kali. Selain melakukan penindakan mulai pada pukul 07.30 Wita hingga pukul 11.30 Wita di lokasi Jalan Timor Raya Oesapa yang kerap dijadikan terminal bayangan, tim gabungan juga menggelar operasi di Bimoku pada pukul 14.30 Wita hingga pukul 16.15 Wita.

Kasie Pengelolaan LLAJ Dinas Perhubungan Provinsi NTT Pius Saju SE menyampaikan bahwa operasi ini dilaksanakan rutin karena ada pengaduan dari masyarakat terkait kemacetan dan ketidaknyamanan di wilayah itu.

"Ada pengaduan masyarakat terkait kemacetan, ulah para sopir travel liar yang ngetem dan palang badan jalan, serta buang "kotoran" tidak tertib di daerah itu," kata Pius.

Pengaduan masyarakat itu, kata Pius, diterima oleh pihaknya hampir setiap hari.

Oleh karena itu, atas perintah Dinas maka pihaknya melakukan operasi penertiban gabungan bersama dengan aparat dari Dinas Perhubungan Kota Kupang, Dinas perhubungan Kabupaten Kupang dan Satlantas Polres Kupang Kota.

Mereka menertibkan angkutan sewa dan bis yang ngetem di daerah tersebut dan menindak yang belum mempunyai izin, angkutan dengan plat (nomor polisi) luar tetapi beroperasi, serta angkutan yang telah habis izinnya namun tidak diperpanjang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved