Angin Kencang Berpeluang Terjadi di NTT, Maluku dan Papua

Dalam 2 hari terakhir, bibit siklon tropis dengan kode 93S terpantau berada di Laut Banda sebelah selatan Maluku, tepatnya di sekitar 6.9 °LS 128.5°BT

Angin Kencang Berpeluang Terjadi di NTT, Maluku dan Papua
net
ilustrasi angin kencang

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dalam 2 hari terakhir, bibit siklon tropis dengan kode 93S terpantau berada di Laut Banda sebelah selatan Maluku, tepatnya di sekitar 6.9 °LS 128.5°BT.

Siaran pers yang terima POS-KUPANG.COM, Selasa (7/5/2019), dari hasil pantauan BMKG, diketahui bibit siklon tropis tersebut memiliki kecepatan angin maksimum di pusatnya mencapai 25 knot dan tekanan minimum hingga 1006 hPa.

Bibit siklon ini diprediksi akan menguat dan mencapai intensitas siklon tropis dalam 24 - 48 jam kedepan. Adapun pergerakannya mengarah ke Selatan-Barat Daya (menjauhi wilayah Indonesia).

Lokasi Wisata Danau Weekuri dan Pantai Ratenggaro di Sumba Diguyur Hujan Lokal Siang Ini

Keberadaan bibit siklon Tropis 93S diprakirakan akan mengakibatkan kondisi cuaca buruk di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain,

Hujan dengan intensitas sedang - lebat berpeluang terjadi di wilayah Maluku bagian tenggara, dan NTT bagian timur.

Angin dengan kecepatan diatas 25 knot atau 48 km/jam berpeluang terjadi di NTT, Maluku, dan Papua bagian selatan.

Hasil Pleno KPU Belu Dapil Belu 3, Demokrat Raih Suara Terbanyak

Gelombang dengan ketinggian 1.25 - 2.50 m berpeluang terjadi di Perairan selatan Ambon, Perairan selatan Kep. Kei - Kep. Aru, Perairan utara Kep. Tanimbar, Laut Arafuru bagian timur, Perairan barat Yos Sudarso.

Gelombang dengan ketinggian 2.50 - 4.0 m berpeluang terjadi di Laut Banda bagian utara, Perairan Kep. Babar - Kep. Tanimbar, Laut Arafuru bagian tengah.

Gelombang dengan ketinggian 4.0 - 6.0 m berpeluang terjadi di Laut Banda bagian selatan, Perairan Kep. Sermata - Kep. Letti, Laut Arafuru bagian barat.

Masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang serta potensi gangguan transportasi laut akibat angin kencang dan gelombang tinggi.

BMKG terus memantau perkembangan bibit siklon tropis ini setiap saat melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, dapat langsung mengakses

- http://www.bmkg.go.id
- Follow twitter @infobmkg;
- Aplikasi iOS dan android "Info BMKG";
atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved