Sukacita Umat Katolik Kewapante Resmikan Gereja Baru

Sukacita Umat Katolik Kewapante Resmikan Gereja Baru Oleh Uskup Maumere

Sukacita Umat Katolik Kewapante Resmikan Gereja Baru
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Uskup Maumere, Mgr. RD. Edwaldus Martinus Sedu (belakang), Uskup (Emeritus) Mgr. Gerulfus Kherubim Parera, SVD (depan) mengikuti perarakaan pada misa pemberkatan Gereja Reinha Rosari, Kewapante, 7 Km arah timur, Kota Maumere, Pulau Flores, Propinsi NTT, Minggu (5/5/2019). 

Sukacita Umat Katolik Kewapante Resmikan Gereja Baru Oleh Uskup Maumere

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Dua tahun dilakukan renovasi berat, Gereja Katolik Reinha Rosari Kewapante, 7 Km arah timur Kota Maumere, Pulau Flores, Provinsi NTT, diberkati Uskup Maumere, Mgr. RD. Edwaldus Martinus Sedu, Minggu (5/5/2019).

Raut wajah sukacita tergurat dari umat yang menghadiri upacara pemberkatan. Lantunan suara anggota koor yang merdu diiringi musik dan paduan gerak tari kreasi baru perempuan remaja melengkapi semarak upacara.

Adhi Koroh Yakin Dirinya Lolos ke DPRD Kabupaten Kupang

Kemeriahan perayaan mencapai puncaknya dalam resepsi di halaman gereja. Grup-grup musik kampung dari wilayah Kewapante dan tarian kreasi baru kaum remaja perempuan menambah kemeriahan ini.

Pastor Paroki, Pater Yeremias Koten, SVD, mengatakan bangunan Gereja Reinha Rosari mulai direnovasi 15 Mei 2017. Ia menambahkan, Uskup (emeritus) Mgr. Gerulfus Kherubim Parera, SVD, mendorong umat merenovasi gereja ini sangat tua ini.

Berawal Saling Ejek di Medsos, Pelajar di Bandung Dikeroyok Teman-temannya, Ini Akibatnya

Kata Pater Yeremias Koten, gedung ini megah dan indah dihasilkan dari pekerjaan yang besar dan berat. Sayap kiri, kanan, atap, lantai dan menara gereja direhab total. Ketika memulainya tidak ada dana sama sekali.

"Kadang diantara kami (panitia) bertengkar, tapi kemudian baik kembali. Kami mulai dari saku umat. Mulai dari nol. Tak ada seksi dana. Ini hasil kerja bersama," ujar Pater Yeremias Koten.

Pembangunan gedung ini diakui Pater Yeremias melibatkan partisipasi umat GMIT, Islam, Hindu dan Budha. "Terima kasih banyak semuanya," ungkap Pater Yeremias Koten.

Gereja Katolik Reinha Rosari dimulai dengan stasi sekitar 1940 dari Paroki Ili. Tanggal 7 Oktober 1952, Pater Anton Schopfer,SVD meresmikan menjadi paroki dengan pelindung Santa Maria Reinha Rosari, artinya Ratu Mawar. Sejak berdirinya hingga saat ini, Gereja pernah dipimpin oleh tujuh pastor Serikat Sabda Allah (SVD).

Panitia pembangunan, Suitbertus Amandus, dan Marianu Mo'a, S.H, M.H, masih terdapat kekurangan bangku di sayap kiri, kanan dan sound system.

"Kami tetap mengetuk hati para donatur. Donatur besar dari Jakarta, Surabaya, Makassar, Maumere dan umat di Kewapante," kata Marianus. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved