Live Streaming! Balutan Tenun Daerah Warnai Upacara Hardiknas di Kompleks Pendidikan Agape SoE

VIDEO Streaming! Balutan Tenun Daerah Warnai Upacara Hardiknas di Kompleks Pendidikan Agape SoE, Kamis (2/5/2019)

Live Streaming! Balutan Tenun Daerah Warnai Upacara Hardiknas di Kompleks Pendidikan Agape SoE
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Kepala SMP Kristen 1 Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Yestiumlafu, A.Md dalam balutan pakaian adat setempat, Kamis (2/5/2019). 

VIDEO Streaming! Balutan Tenun Daerah Warnai Upacara Hardiknas di Kompleks Pendidikan Agape SoE

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

POS-KUPANG.COM, SOE - Ada yang menarik dari upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5/2019), di Kompleks Yayasan Pendidikan Kristen Agape SoE.

Balutan tenun ikat khas Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) tampak kental dalam upacara yang diikuti para peserta didik dan guru-guru dari TK Imanuel Kesetnana, SD GMIT Bakitba Kesetnana, SMP Kristen 1 Mollo Selatan dan SMA Kristen Kesetnana di lapangan upacara.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala SMP Kristen 1 Mollo Selatan, Yestiumlafu, A.Md yang terlihat mengenakan pakaian adat khas TTS lengkap.

Para anggota paduan suara juga terlihat mengenakan pakaian tradisional. Begitu juga para guru yang berdiri di sisi barat lapangan upacara.

Pembina upacara, Yestiumlafu, A.Md mengatakan, selama 23 tahun mengabdi sebagai guru di SMP Kristen 1 Mollo Selatan baru hari ini dirinya mengikuti upacara dengan seluruh peserta mengenakan pakaian adat. Ia merasa terharu dan bangga karena kegiatan yang dilakukan secara mendadak ini bisa berlangsung dengan sukses.

"Saya sangat bangga dan senang karena kegiatan yang terbilang dadakan ini bisa begitu sukses. Saya sangat senang bisa melihat semua guru dan anak didik mengenakan pakaian adat di Hari Pendidikan Nasional ini," ungkap Yestiumlafu, A.Md.

Saat ini, lanjutnya, pemerintah tengah mendorong untuk menghidupkan kembali budaya lokal. Hal ini dimaksudkan agar budaya lokal sebagai warisan leluhur bisa bertahan dan tetap eksis di zaman modern ini.

Anggota paduan suara SMA Kristen Kesetnana mengenakan pakaian adat saat upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2019.
Anggota paduan suara SMA Kristen Kesetnana mengenakan pakaian adat saat upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2019. (POS-KUPANG.COM/DION KOTA)

Salah satu wujud Yayasan Pendidikan Kristen Agape SoE dalam mendukung pemerintah tersebut adalah dengan mengenakan pakaian adat di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved