Pemilu 2019

Temukan Kecurangan di Pilpres 2019? Relawan Prabowo-Sandi Buka Posko Pengaduan di Semarang

Temukan Kecurangan di Pilpres 2019? Relawan Prabowo-Sandi Buka Posko Pengaduan di Semarang

Temukan Kecurangan di Pilpres 2019? Relawan Prabowo-Sandi Buka Posko Pengaduan di Semarang
KOMPAS.com/Handout
Pembukaan posko pengaduan pelangagran pemilu 2019 di rumah relawan Padi di Jalan Pamularsih, Kota Semarang, Sabtu (27/4/2019). 

Temukan Kecurangan di Pilpres 2019? Relawan Prabowo-Sandi Buka Posko Pengaduan di Semarang

POS-KUPANG.COM | SEMARANG - Tim Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi (Padi) wilayah Jawa Tengah membuka posko pengaduan untuk menampung dugaan pelanggaran dan kecurangan dalam Pemilu 2019.

Posko pengaduan dibuka agar masyarakat yang mempunyai informasi kecurangan dapat melapor. Posko pengaduan untuk masyarakat Jawa Tengah dibuka di rumah relawan Padi di Jalan Pamularsih, Kota Semarang, Sabtu (27/4/2019).

Salah satu tim advokasi daerah yang juga anggota Advokat Bela Keadilan (Abeka) Listyani menjelaskan, pembukaan posko diperlukan karena diduga masih banyak warga yang tidak berani melapor meski punya data-data kecurangan.

Setelah Bertemu Jokowi di Istana, Said Iqbal Sebut Kritiknya Bukan karena Benci Presiden Petahana

"Masih banyak warga yang tidak berani melaporkan. Di Boyolali, warga tidak berani lapor karena ada oknum yang mengintimidasi," ujarnya di depan wartawan, Sabtu.

Posko pengaduan diyakini akan menebalkan dugaan adanya praktik pelanggaran dan kecurangan pada Pemilu 2019.

Data pelanggaran dari pelosok daerah akan dikumpulkan hingga menjadi satu kesatuan. Listyani berujar bahwa kecurangan pemilu 2019 di Jateng paling banyak terjadi di Boyolali.

Situng KPU di Jakarta: Jokowi-Maruf Unggul 6.04 Persen dari Prabowo-Sandiaga

Pihaknya mengaku menemukan banyak masalah, misalnya jumlah surat suara yang tidak cocok dengan jumlah pemilih.

"Boyolali paling banyak, dari total 890 TPS di Jateng. Kami juga temukan penggelembungan suara juga terjadi di beberapa daerah. Kami akan langsung menindaklanjuti," ujarnya, tanpa menjelaskan secara spesifik di daerah mana saja.

Posko pengaduan juga bisa dilakukan ke kantor ataupun melalui sambungan telepon atau WhatsApp.

Mohamad Taufiqqurahman, salah satu tim advokasi BPN Pusat menambahkan, pendirian posko pengaduan digelar agar masyarakat terlibat aktif melaporkan tindak kecurangan. Pelapor akan dijamin kerahasiannya oleh tim jika melaporkan kecurangan.

"Saya harap tidak sungkan, tidak perlu takut jika melaporkan kecurangan baik yang dilakukan penguasa atau tidak," tambahnya. (Kompas.com/Nazar Nurdin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Relawan Prabowo-Sandi Buka Posko Pengaduan Kecurangan di Semarang", Relawan Prabowo-Sandi Buka Posko Pengaduan Kecurangan di Semarang

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved