Demi Kelancaran Pleno, KPU SBD Himbau PPK Buka C1 Plano

KPU Sumba Barat Daya menghimbau panitia pemilihan kecamatan (ppk) membuka c1 plano demi memperlancar kegiatan pleno perhitungan perolehan suara

Demi Kelancaran Pleno, KPU SBD Himbau PPK Buka C1 Plano
Pos Kupang.com/Petrus Piter
Ketua KPU SBD, Mikael Bulu, S.H dan anggota komisioner KPU Sumba Barat Daya Roni Malelak 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, petrus piter

POS-KUPANG.COM/TAMBOLAKA--- KPU Kabupaten Sumba Barat Daya menghimbau panitia pemilihan kecamatan (ppk) membuka c1 plano demi memperlancar kegiatan pleno perhitungan perolehan suara calon legislatif dan pilpres sebagaimana sedang berlangsung ditingkat ppk saat ini.

Menurutnya, langkah itu sebagai wujud transparansi penyelengara pemilu agar rakyat menaruh kepercayaan tinggi terhadap KPU SBD, KPU SBD dan seluruh jajaran pelaksana ditingkat bawah tidak memiliki kepentingan tertentu terkecuali hanya ingin menjaga dan melaksanakan pemilu kali ini berjalan aman, lancar dan sukses.

SBD yang juga adalah juru bicara KPU SBD, Roni Malelak menyampaikan hal itu di Tambolaka, SBD, Jumat (26/4/20190. Menurutnya, berdasarkan pengawasan selama berlangsungnya kegiatan pleno perhitungan perolehan suara legislatif dan pilpres di 11 ppk se-Kabupaten Sumba Barat Daya cukup berjalan lancar.

Meski demikian tak dapat dipungkiri rapat pleno berjalan cukup lambat karena sering terjadi perdebatan para saksi dengan penyelenggara pemilu yang menyita wakrtu cukup panjang.

Karena itu, rata-rata sehari hanya mampu menyelesaikan pleno perhitungan perolehan suara satu hingga dua desa. Perdebatan yang terjadi biasanya mempersoalkan angka perolehan suara para calon legislatif antara data c1 yang dipegang para saksi berbeda dengan yang dibacakan.

Mencermati kondisi seperti itu maka pihaknya menghimbau ppk membuka c1 plano demi memperlencar proses pleno itu. Dan setelah c1 plano dibuka, rapat pleno perhitungan perolehan suara ,berjalan lebih lancar. Ia optimis rapat pleno perhitungan perolehan suara tersebut akan selesai satu dua hari ke depan. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved