Setelah Mencoblos, Pemilih di KBRI Swiss Makan Bakso, Lontong dan Minum Es Cendol

Setelah mencoblos, pemilih di KBRI Swiss makan bakso, lontong dan minum Es cendol

Setelah Mencoblos, Pemilih di KBRI Swiss Makan Bakso, Lontong dan Minum Es Cendol
KOMPAS.com/Maria Rohanah
Warga Indonesia di Swiss memadati kantor KBRI Bern untuk memberikan suara dalam Pemilu 2019. 

Setelah mencoblos, pemilih di KBRI Swiss makan bakso, lontong dan minum Es cendol

POS-KUPANG.COM | BERN - Susasana mendung dengan suhu udara tak beranjak dari angka 8 derajat Celcius masih terasa di Bern, Swiss pada April yang seharusnya menghangat.

Kendati demikian, cuaca kurang bersahabat itu, tidak menyurutkan antusias 187 orang yang termasuk di dalam daftar pemilih tetap (DPT), untuk datang ke Elfenauweg 51, Bern, Swiss, Sabtu (13/4) sejak pukul 08.00 waktu setempat.

Jokowi: Saya dan Maruf Sepakat Wakafkan Diri untuk Kesejahteraan Rakyat

Lagi pula, Ketua PPLN Swiss, sehari sebelumnya, menjanjikan coblosan langsung di TPS 001 Bern, Swiss, akan berjalan lancar.

"Insyah Allah, aman," kata Illenez, ketua PPLN Swiss, kepada Kompas.com.

Sebagaimana PPLN Eropa lainnya, Swiss dan Liechtstenstein, melakukan pemungutan suara pada 13 April 2019. Sementara pencoblosan lewat pos, sudah dilaksanakan sejak dua pekan silam. Menjelang tengah hari, hingga berita ini ditulis, coblosan berlangsung lancar.

BREAKING NEWS: Bayi di Kapal, Ibu Ketinggalan, Penumpang Aimere Dihantar Pakai Perahu Nelayan

Bahkan komunitas Indonesia di Swiss, yang sebelumnya bertikai di dunia maya, terlihat tidak saling bermusuhan. Christiana Streiff, mengaku tidak canggung bertemu sesama warga Indonesia yang berbeda pilihannya.

"Oke saja, tidak ada canggung. Saya datang ke sini untuk menjalankan hak pilih saya, sekaligus mengamati jalannya pesta demokrasi di sini," katanya.

Maria Sri Rohanah, juga merasakan hal serupa. "Saya juga gak banyak kenal, tahu nama dan muka saja, jadi ya enggak terasa ada permusuhan," katanya.

Hal yang lebih penting, imbuh Maria, dirinya merasakan langsung pemilu di TPS, khususnya di Bern. "Suasananya ini loh, kalau lewat pos kan enggak (terasa) demikian," kata Maria.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved