Berita Kabupaten Ende Terkini

PLN Area Flores Bagian Barat (FBB) Ganti Semua Tiang Listrik

PT PLN Area Flores Bagian Barat (FBB) mengganti tiang listrik di daerah tersebut dari tiang ukuran 10 meter menjadi 12 meter

PLN Area Flores Bagian Barat (FBB)  Ganti Semua Tiang Listrik
POS-KUPANG.COM/DOK PLN
Truk pengangkut tiang listrik sedang menurunkan tiang di Kecamatan Poco Ranaka, Matim.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE -PT PLN Area Flores Bagian Barat (FBB) mengganti tiang listrik di daerah tersebut dari tiang ukuran 10 meter menjadi 12 meter.

Saat ini tiang listrik itu ada yang sudah dipasang, namun ada juga yang belum terpasang.

Manajer PT PLN Area Flores Bagian Barat, Firman Raharja, di Ende, Rabu (27/2/2019),
mengatakan, dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat di FBB, PT PLN melakukan pergantian tiang listrik dari ukuran 10 meter diganti dengan tiang ukuran 12 meter.

Pemkab Sumba Timur Perhatikan Permintaan Nelayan Kanatang, Ini Permintaannya

Nonton dan Dukung peserta The Voice Indonesia, Rambu Piras Malam ini

"Dengan tiang listrik ukuran 12 meter, maka setidaknya jaringan atau kabel listrik dapat terbebas dari gangguan akibat pohon yang ukurannya lebih rendah, seperti pisang atau pohon jenis lainnya saat diterpa angin kencang. Lantaran posisi jaringan lebih tinggi, tentu akan aman saat pohon tumbang," ujarnya.

Firman menyebut masalah klasik yang kerap dihadapi PLN selama ini adalah ketika terjadi angin kencang, listrik akan padam karena jaringan tertimpa pohon atau dahan patah.

Menyikapi masalah itu, diakui Firman, PT PLN mengganti tiang listrik dengan ukuran lebih panjang. Dia mengharapkan partisipasi masyarakat agar merelakan pohon atau tanamannya ditebang atau dipangkas bila tanaman itu lebih tinggi dari tiang listrik.

"Semua itu dilakukan untuk meminimalisir kerusakan jaringan saat diterpa angin kencang," tutur Firman.

Pihak PLN, diakuinya, kerap menghadapi masalah dengan masyarakat yang keberatan ketika tanamannya dipangkas atau dibersihkan. Apalagi jenis tanaman produktif dengan bernialai ekonomis tinggi seperti kelapa, cengkeh dan lain sebagainya.

Namun demikian untuk kepentingan bersama, warga harus merelakan tanaman mereka dipotong atau minimal dipangkas sehingga tidak mengganggu jaringan.
PLN saat ini, lanjut Firman, berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, namun hal itu perlu dukungan masyarakat juga.

Halaman
12
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved