Paus Fransiskus

Kunjungan Paus - Vatikan dan Dunia Arab Sepakat: Berhenti Bawa-bawa Tuhan dan Agama

Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Uni Emirat Arab (UAE), 3-5 Februari 2019. Dia disambut dengan antusias di Abu Dhabi

Kunjungan Paus - Vatikan dan Dunia Arab Sepakat: Berhenti Bawa-bawa Tuhan dan Agama
AFP
AFP/KARIM SAHIB BERKAT ANAK-Paus Fransiskus memberkati seorang anak ketika dia tiba di Stadion Olahraga Zayed, Uni Emirat Arab, untuk memimpin jalannya misa terbuka pada Selasa (5/2/2019). 

POS-KUPANG.COM - Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Uni Emirat Arab (UAE), 3-5 Februari 2019. Ini merupakan kunjungan perdana Paus asal Argentina itu sejak memangku jabatan pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia, 2013, menggantikan Paus Benediktus XVI.

Dia disambut dengan antusias oleh Presiden UAE, Syeikh Khalifa bin Zayed al-Nahyan dan komunitas Katolik di negara tersebut.

Banyak hal yang dilakukan kedua pemimpin dalam pertemuan itu, yang diharapkan bisa mengubah kondisi dunia menjadi lebih baik pada masa-masa mendatang.

Di antaranya Imam Masjid Al-Azhar dan Paus Fransiskus mendatangani Dokumen Persaudaraan Manusia.

Laporan Lengkapnya disampaikan oleh Pastor Markus Solo Kewuta SVD,  penasihat Paus untuk Urusan Dialog Antar Agama, asal Flores Timur, NTT, berikut ini.

(Laporan ini beredar melalui grup WhatsApp sejak Jumat (8/2/2019). 

VATIKAN DAN DUNIA ARAB SEPAKAT: BERHENTI MEMBAWA-BAWA TUHAN DAN AGAMA*

Markus Solo

Sebuah kunjungan dan pertemuan bersejarah antara Petinggi Gereja Katolik Roma dan dunia Arab telah terjadi. Paus Fransiskus dan Paus-paus sebelumnya pernah melakukan kunjungan ke beberapa negara dan tempat dengan kekentalan Islam Arab tinggi, misalnya Mesir, Marokko, Tunisia, Palestina dan Libanon, tetapi belum pernah terjadi dengan jazirah Arab yang dikenal sebagai tempat lahir agama Islam.

Tanggal 3 Pebruari 2019 malam hari, Paus Fransiskus yang sudah cukup lama mengiyakan undangan Presiden Uni Emirat Arab (UAE), Syeikh Khalifa bin Zayed al-Nahyan dan komunitas Katolik di negri ini, terbang menuju Abu Dhabi, ibu kota (UAE). Tiba di bandara kepresidenan UAE malam hari pkl. 22.00 waktu Abu Dhabi dan diterima secara sangat hangat dan protokoler. Dari situ, kegiatan demi kegiatan berlangsung dengan sangat rapih, indah dan mengesankan hingga beliau tiba kembali di Vatikan, Selasa, 5 Pebruari pkl. 17.00 waktu Roma dalam keadaan selamat, dengan hati puas dan bahagia.

Halaman
1234
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved