Headline Pos Kupang

Konflik Bupati dan DPRD Sikka - Mengapa DPRD Sikka Keberatan dengan Pernyataan Bupati Idong?

Kelebihan tunjangan perumahan dan transportasi senilai Rp 3,4 miliar tidak serta merta dikembalikan anggota DPRD Sikka

Konflik Bupati dan DPRD Sikka - Mengapa DPRD Sikka Keberatan dengan Pernyataan Bupati Idong?
Pos Kupang
POS-KUPANG.COM/EGINIUS MO’A Pimpinan DPRD Sikka, Us Bapa (tengah), Wakil Ketua Donatus David (kiri) dan Merison Botu (kanan) memberikan tanggapan pembayaran tunjangan perumahan dan transportasi di ruang kerja Ketua DPRD Sikka, Jalan El Tari Kota Maumere, Pulau Flores, Rabu (6/2/2019). 

Mengapa DPRD Sikka Keberatan dengan Pernyataan Bupati Idong?

LAPORAN WARTAWAN POS-KUPANG.COM, EGIDIUS MOA

POS-KUPANG.COM, MAUMERE-Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Gorgonius Nago Bapa menegaskan, kelebihan tunjangan perumahan dan transportasi senilai Rp 3,4 miliar tidak serta merta dikembalikan anggota DPRD Sikka.

Apalagi, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) belum mengaudit Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018.

"Kalau pun nanti ada temuan, tidak serta merta dikembalikan. Masih ada mekanisme lain yang harus ditempuh oleh BPK, yakni melakukan klarifikasi kepada bupati dan DPRD," tegas Us Bapa, demikian Gorgonius Nago Bapa disapa, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/2/2019).

Ketika memberi penjelasan, Us Bapa didampingi Wakil Ketua DPRD Sikka Donatus David dan Merison Botu.

Mereka keberatan terhadap pernyataan Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo yang memperingakan DPRD Sikka segera mengembalikan tunjangan perumahan dan transportasi senilai Rp 3,4 miliar sebagaimana dilansir Pos Kupang edisi Rabu (6/2/2019).

Menurut Us Bapa, perintah untuk mengembalikan kelebihan tunjangan perumahan dan transportasi akan dilakukan BPK bila dalam audit ditemukan kelebihan pembayaran.

"Bupati tidak bisa peringatkan Dewan kembalikan. Kedudukan Dewan dan bupati sejajar, dewan bukan bawahan bupati," tandas Us Bapa.

Dikatakannya, pembayaran dana tunjangan perumahan dan transportasi merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) APBD 2018 dan Perbup.

Halaman
123
Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved