Meningkatkan Partisipasi Pemilih ! 55 Orang di Mabar Tim Relasi Ikut Bimtek

55 orang anggota tim yang tergabung dalam Relawan Demokrasi (Relasi), mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh KPU Mabar

Meningkatkan Partisipasi Pemilih ! 55 Orang di Mabar Tim Relasi Ikut Bimtek
POS KUPANG/SERVATINUS MAMMILIANUS.
Suasana Bimtek para Relasi, Selasa (22/1/2019). 

Laporan Reporter POS--KUPANG.COM, Servatinus Mammilianus

POS--KUPANG.COM | LABUAN BAJO--Sebanyak 55 orang anggota tim yang tergabung dalam Relawan Demokrasi (Relasi), mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Bimtek tersebut berlangsung di ruang rapat Kantor KPU Mabar, Selasa (22/01/2019).
Relasi sendiri awalnya terdapat 59 pendaftar. Setelah diseleksi, jumlah yang dipilih sebanyak 55 orang.

"Relawan demokrasi ini merupakan perpanjangan tangan dari KPU untuk memberikan sosialisasi, meningkatkan partisipasi dan pendidikan pemilih yang ada di Manggarai Barat terhadap 10 basis sebagaimana tertuang dalam surat edaran KPU RI," kata Ketua KPU Mabar Hironimus Suhardi, kepada wartawan Selasa itu.

10 basis yang dimaksud kata dia, antara lain yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih perempuan, basis pemilih penyandang disabilitas, basis pemilih marginal, basis pemilih keagamaan, basis pemilih warga internet (netizen).

Tanpa Kajian yang Jelas ! ASITA Manggarai Barat Tolak Penutupan TNK

"Para relawan akan turun lakukan sosialisasi kepada basis-basis itu," kata Hironimus.
Dia menjelaskan bahwa tujuan dibentuknya relawan demokrasi ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat atau partisipasi pemilih.

"Kami berharap dengan hadirnya relawan ke basis-basis atau ke masyarakat, bisa meningkatkan partisipasi pemilih, mencerahkan pikiran dan kesadaran pemilih dalam menggunakan hak pilih pada pemilu serentak yang akan digelar pada Rabu,17 April mendatang,harapnya.

Dia meminta para Relasi agar mampu menjaga integritas dan netralitas.
"Para relawan tidak boleh berafiliasi dengan partai politik tertentu. Harus mampu menjaga integritas dan netralitas," kata Hironimus.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved