Berita Kabupaten Kupang Terkini

10 Rumah Bantuan Kemensos di Mata Air Tuntas Bulan Maret 2019

10 Rumah bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) di Mata Air Kabupaten Kupang ditargerkan tuntas bulan Maret 2019

10 Rumah Bantuan Kemensos di Mata Air Tuntas Bulan Maret 2019
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Pendamping, Stefanus Riwu dan Kepala Desa Mata Air, Benny Kanuk ketika memantau rumah bantuan Kemensos milik Henderita Mone Ludji. 

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Tenaga Pendamping Kesejahteraan Sosial Kecamatan Kupang Tengah, Stefanus Riwu, menegaskan, pada tahun 2018 Kementrian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan rumah layak huni.

Untuk Desa Mata Air, ada 10 rumah yang dibangun buat warga tidak mampu dan kini tengah dibangun. Diharapkan Maret 2019 sudah selesai dibangun dan dilakukan penyerahan secara resmi kepada pemerintah desa untuk selanjutnya penghuni sudah bisa tinggal.

Stefanus Riwu kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (20/1/2019) mengatakan, bantuan Kemensos RI ini untuk pembangunan rehabilitasi rumah tidak layak huni. Kementrian berharap rumah yang dibangun berstandar hidup sehat dengan pembangunan sistem swadaya.

Ambil Material Galian C, Camat Sulamu Ingatkan Pengusaha Jangan Picu Kemarahan Warga

Setiap KK mendapat dana stimulan Rp 15 juta dan Desa Mata Air yang berhak mendapatkan rumah 10 KK. Proses awalnya, kata Riwu, ketika ada program dimaksud, pihaknya menyampaikan ke kepala desa untuk menjaring KK yang layak terima tapi harus terdaftar dalam data kemiskinan terpadu, penerima rastra, KIS dan terdata di desa.

Bupati Nagekeo Bersihkan Sampah di Kota Mbay, Begini Pesannya Kepada Warga Kota

Dari data itu, diundanglah warga untuk mendapat sosialisasi untuk pembuatan proposal. Dari proposal ini diajukan ke kementrian untuk proses verifikasi data dan tim dari pusat turun langsung memastikan KK yang layak menerima.

"Tim kementerian yang lihat sendiri jadi bukan rekayasa. Tim kemudian rekomendasikan KK yang layak terima lalu dibentuklah kelompok diantara KK penerima. Setelah itu dikirimlah dana bantuan ke rekening kelompok dan mereka membuat rekapan kebutuhan yang diperlukan," kata Riwu.

Menurutnya, dari 10 KK yang menerima khusus di Desa Mata Air sebagian besar masih dalam pengerjaan dan baru satu yang sudah selesai yakni rumah milik Henderita Mone Ludji.

Diharapkan Maret 2019 semua sudah tuntas sehingga bisa disampaikan laporan ke Kemensos. Setelah itu dilanjut dengan penyerahan kepada pemerintah desa setempat sehingga keluarga bersangkutan sudah bisa tinggal. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved