Berita Kabupaten Nagekeo Terkini

Bupati Nagekeo Bersihkan Sampah di Kota Mbay, Begini Pesannya Kepada Warga Kota

Bupati Nagekeo dr. Johanes Don Bosco Do tampak ikut membersihkan sampah di wilayah Pasar Danga Kota Mbay, begini pesannya kepada warga kota.

Bupati Nagekeo Bersihkan Sampah di Kota Mbay, Begini Pesannya Kepada Warga Kota
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Suasana saat Bupati Nagekeo, dr. Johanes Don Bosco Do ikut bersih sampah di Pasar Dangan Kota Mbay Kabupaten Nagekeo, Jumat (18/1/2019). 

Bupati Nagekeo dr. Johanes Don Bosco Do tampak ikut membersihkan sampah di wilayah Pasar Danga Kota Mbay, begini pesannya kepada warga kota.

POS-KUPANG.COM | MBAY - Bupati Nagekeo dr. Johanes Don Bosco Do tampak ikut membersihkan sampah di wilayah Pasar Danga Kota Mbay Kabupaten Nagekeo, Jumat (18/1/2019) pagi.

Bupati Don tampak mengenakan baju kaus berkerak berwarna abu-abu, topi sarung tangan berwarna kuning dan tanpa masker penutup mulut, Bupati Don turun langsung ke dalam drainase di Pasar Danga untuk memungut sampah bersama ASN lingkup Setda Nagekeo.

Selain Bupati Don, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Nagekeo dan anggota gerakan muda peduli sampah juga turut mengambil bagian untuk membersihkan sampah itu.

Pimpin STKIP Nusa Bunga Floresta di Mbay, Begini Cerita Sang Pendiri Ramdan Hidayat

Selain membersihkan sampah, Bupati Don juga mengatur lapak-lapak di Pasar Danga untuk persiapan hari pasar Sabtu (20/1/2019).

"Kami berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah ke kompleks Pasar Danga maupun di drainase, sehingga sampah tidak lagi mengotori Pasar Danga nanti," ujar Bupati Don.

Bank NTT Cabang Bajawa Serahkan Dana CSR kepada Koperasi Sinar Harapan Inerie

Bupati Don meminta warga Nagekeo tidak menjadi penonton dalam kegiatan pembersihan sampah.

"Turun semua ya, memunguti sampah. Selanjutnya, jangan lagi buang sampah ke drainase dan tempat-tempat yang bukan tempat sampah. Taruh saja di tempat sampah. Nanti ada petugas mengambil tumpukan sampah," ujar Bupati Don.

Ia berharap agar warg tertib membuang sampah. Sampah sebaiknya disimpan pada tempatnya bukan dibuang atau berserakan begitu saja.

Pemuda Peduli Sampah Nagekeo, Hans Lado mendukung penuh upaya memerangi sampah oleh Bupati Don.

Pria yang akrab Hans, sampah adalah musuh utama dalam dunia industri pariwisata.

Apalagi hal ini ada korelasi dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo yakni pembangunan berbasis pertanian dan pariwisata.

"Kita belajar dari kota-kota besar seperti Bali, Lombok dan kota-kota lainnya. Banyak wisatawan yang hengkang hanya karena persoalan sampah. Oleh karena itu, saya minta masyarakat serta semua stakeholders untuk membangun gerakan sosial untuk membebaskan Nagekeo dari sampah plastik," ujar Hans.

Anggota Komunitas Anak Cinta Lingkungan (Kancil) Kota Mbay, Lia Bete, mengungkapkan generasi muda Nagekeo harus peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Lia mengajak pelajar menjadi pelopor untuk memerangi sampah. Tidak mengotori lingkungan dan peduli akan pentingnya kebersihan lingkungan. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved