Berita NTT Terkini

Vaksin New Castle Deases terhadap Ayam KUB dan Ayam Sensi

Instalasi ternak ayam buras ini dimanfaatkan sebagai peternakan percontohan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan usaha peternakan ayam

Vaksin New Castle Deases terhadap Ayam KUB dan Ayam Sensi
foto/dokumentasi BBPP Kupang
Vaksinasi ND pertama dan kedua dengan rute pemberian melalui tetes mata

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Ferry Ndoen

POS KUPANG.COM, KUPANG - Sebagai Lembaga yang memiliki tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dibidang peternakan, Balai  Besar Pelatihan Peternakan Kupang memiliki instalasi ternak ayamburas, yang meliputiayam KUB (Kampung Unggulan Balitnak) sebagai ayam penghasil telur dan ayam sensi (Sentul Terseleksi) penghasil daging yang didatangkan dari Balai Penelitian Ternak Kementerian Pertanian.

Instalasi ternak ayam buras ini dimanfaatkan sebagai peternakan percontohan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan usaha peternakan ayam.

Dalam usaha pemeliharaan ternak ayam, salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan adalah vaksinasi.

Vaksinasi merupakan pemberian kekebalan pada ternak ayam, terhadap serangan agen penyakit tertentu.

Ada dua tipe vaksin yang biasa digunakan pada program vaksinasi ayam yaitu vaksin live / hidup diberikan melalui tetes mata, tetes hidung dan melalui air minum dan vaksin kill / mati   yang diberikan melalui suntik / injeksi.

Vaksin yang diberikan pada ternak ayam KUB dan ayam sensi diantaranya adalah vaksin ND

 Vaksin ND dilakukandengantujuanuntuk mencegah terjadinya serangan penyakit ND pada ternak ayam. Penyakit ND merupakan penyakit yang disebabkanoleh New Castle Disease Virus, bersifat sangat menular dengan tingkat kematian yang tinggiberkisar 50-100%.

Di Indonesia penyakit ini biasa dikenal dengan nama Tetelo. Penyakit ini memiliki gejala berupa  hidung tersumbat dan mata berarir, mengorok, sayap  terkulai, kaki diseret, dan kepala terpelintir.

Ayam umur muda sangat rentan terkena serangan virus ini. Pada ternak ayam KUB dan ayam Sensi, Vaksinasi ND diberikan sebanyak 4 kali. Vaksinasi diberikan pada umur 4 hari, 28 hari, 70 hari, dan 112 hari. Selanjutnya vaksinasi ND diulangi setiap satu bulan sekali.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved