Berita Kabupaten Sikka Terkini

Cokelat Sikka, Jajanan Paling Dicari Tamu Saat Kunjungi Maumere

Cokelat Sikka (Cho-Sik) diproduksi Unit Pelaksana Teknis Bapelitbang Kabupaten Sikka selalu dicari tamu yang berkunjung ke Maumere.

Cokelat Sikka, Jajanan Paling Dicari Tamu Saat Kunjungi Maumere
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Okto Suban Pulo (kaos kuning) memperlihatkan pasta cokelat produksi UPT SIC di Jalan Litbang, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kota Maumere, Pulau Flores, Sabtu (5/1/2019). 

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Cokelat Sikka (Cho-Sik) diproduksi Unit Pelaksana Teknis Bapelitbang Kabupaten Sikka saat ini telah menjadi ole-ole yang selalu dicari setiap tamu berkunjung ke Kota Maumere.

"Pasta cokelat yang sehat tidak mengandung lemak jenuh, karena produksi Cho-Sik tidak menggunakan nabati lainnya. Benar-benar lemak baik 3 hdl dari coklat itu sendiri. Ini jenis lemak baik untuk kesehatan jantung," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sikka Convention Center (SIK), Okto Suban Pulo, kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (5/1/2019) di Maumere.

Cho-Sik menyajikan lima varian yakni cokelat bar ukuran besar 85 gram dijual Rp 22 ribu/buah), cokelat bar kecil 40 gram (original) dijual Rp 60 ribu/buah dan cokelat bar mente 40 gram seharga Rp 20 ribu/buah. Cokelat with mente Rp 12 ribu/buah, cokelat candy isi 30 buah setoples Rp 65 ribu, cokelat bubuk kiri Rp 25 ribu/bungkus dan coklat bubuk kanan Rp 30 ribu/bungkus.

Yayasan Nusa Bunga Abadi Rayakan Natal Bersama Anak Jalanan dan Pemulung

Lima jenis varian ini memiliki dua rasa yakni rasa dark dengan kandungan cokelat 75 persen dan rasa milk dengan kandungan cokelat 50 persen.

"Bagi penggemar coklat, mereka biasanya cari citarasa dark. Terasa pahit, tapi kata mereka ini yang paling sehat dan paling enak," ujar Okto.

Menghadapi Pileg 2019, Partai Demokrat Malaka Bekali Caleg

Dikatakanya, cokelat Sikka dijual di galeri dalam Bandara Frans Seda, Swalayan Roxy, Toko Jaya Baru, Swalayan Rejeki Express, Erens Mart di Misir dan beberapa kedai kopi. Penjualan cukup banyak disediakan di Kupang dan Jakarta.

"Tamu-tamu asing yang pernah makan coklat Sikka menyatakan citarasanya paling enak, karena kandungan coklatnya asli. Duta Besar Vatikan datang ke Maumere memuji cokelat Sikka sangat enak. Banyak juga wisatawan asing yang datang membeli langsung," ujar Okto.

Okto mengatakan tamu-tamu yang datang ke Maumere kebanyakan membeli cokelat Sikka menjadi ole-ole. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Hanif Dakiri datang ke Maumere bulan November 2018 memuji produksi Cho-Sik,

"Tamu kalau tidak datang beli di sini (Sikka Convention Center) mereka cari di beberapa swalayan di Maumere. Tersedia juga di Galeri Bandara Frans Seda," kata Okto. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved