Berita Kota Kupang Terkini

Imunisasi MR Capai Target, Ini Apresiasi Pemkot Kupang

Imunisasi Measles Rubella (MR) di Kota Kupang telah mencapai target sesuai dengan target nasional.

Imunisasi MR Capai Target, Ini Apresiasi Pemkot Kupang
POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Kepala Dinas Kesehatan kota Kupang, dr Ari Wijana menyerahkan penghargaan kepada tim Pokja di Swiss belinn Kristal Hotel, Senin (12/11/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Imunisasi Measles Rubella (MR) di Kota Kupang telah mencapai target sesuai dengan target nasional.

Oleh karena itu Puskesmas, Rumah Sakit, Camat dan Kepala Puskesmas yang terbentuk dalam Kelompok Kerja (Pokja) mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota melalui penghargaan yang diberikan Dinas Kesehatan kota Kupang, di Swiss Belinn Kristal Hotel Kupang, Senin (12/11/2018),

Kegiatan tersebut dikemas dalam Desiminasi Hasil Kampanye Imunisasi MR yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr. Ari Wijana.

Baca: Ada Syukuran di Rumah Bupati Sumba Tengah

Ari mengatakan pelaksanaan imunisasi MR yang dilaksanakan Pemerintah Kota Kupang selama bulan Sepetember belum mencapai target yakni hanya 71 persen.

Namun dengan adanya perpanjang dari Kementerian Kesehataan hingga 31 Oktober, maka Pemerintah Kota mencapai 95,65 persen atau mencapai target nasional 95 persen.

Baca: Walaupun Sempat Keberatan, Polisi Periksa Ibu Bayi yang Meninggal dengan Dua Luka Robek di Perut

Upaya pencapaian ini, Ari, sangat berterimah kasih ada perpanjang dari Kementerian sehingga kami tim bisa mencapai target atau berada pada posisi hijau pekat yakni 95,75 persen.

Diakuinya, dalam pencapain ini secara urutan tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia Kota Kupang berada pada urutan ke-4 pencapaian terget imunisasi MR.

Namun, kata Wijana, dengan sudah tercapai target ini, bukan berarti pelaksanaan imunisasi tidak dilakukan lagi. Tapi tetap dilaksanakan karena masih ada sekitar 4.000 lebih anak yang belum terimunisasi.

Ia berharap kantong-kantong yang dilaksanakan imunisasi dapat dijaga, guna dampak virus dari luar khususnya daerah belum mendapat imunisasi terjangkit.

Selain itu pihak kesehatan baik di puskesmas maupun di Posyandu dapat terus melakukan imunisasi karena memasuki bulan Desember banyak dampak epidemologis (kesehatan) yang dialami masyarakat yakni terutama campak, penyakit mata, diare dan berikutnya DBD.

Ari juga meminta agar pihak puskesmas dapat menjaga data secara baik pelaksanaan imunisasi ini. Jika suatu saat dari ada kunjungan dari pusat menanyakan pelaksanaan iminusasi, maka pihak. Puskesmas dapat menunjukkan data.

Sementara itu Kepala Bidang P2P, Sri Wahyuningsi mengatakan, pemberian pemberian penghargaan sebagai suatu upaya dari dinas bagi mereka yang sudah berhasil melaksanakan imunisasi MR ini. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved