Berita Internasional Terkini

Pangeran Charles Ungkap Kekhawatiran soal Masa Depan Cucunya

Pangeran Charles nampak antusias menantikan kelahiran cucu barunya. Namun ia juga khawatir akan masa depan bumi yang ditinggali cucu-cucunya.

Pangeran Charles Ungkap Kekhawatiran soal Masa Depan Cucunya
KOMPAS.com/Skynews
Pangeran Charles 

POS-KUPANG.COM - Sama seperti pria seusianya, Pangeran Charles nampak antusias menantikan kelahiran cucu barunya. Namun, antusiasme tersebut juga diiringi dengan kekhawatiran akan masa depan bumi yang kelak akan ditinggali oleh cucu-cucunya.

Anak tertua Ratu Elizabeth itu memiliki komitmen seumur hidup mengenai konservasi dan penyelamatan lingkungan.

Saat berkunjung ke Ghana, mantan suami Putri Diana itu mengungkapkan kekhawatirannya akan masa depan cucunya dalam sebuah pidato.

Baca: Mereka yang Dulu Berseberangan Kini Merapat ke Jokowi, Siapa Saja?

Ia khawatir jika nanti cucu-cucunya akan hidup dalam planet yang dipenuhi oleh polusi. "Saya kembali dianugerahi cucu. Saya pikir beberapa dari kalian juga memiliki cucu atau akan segera mendapatkannya," ucapnya.

Dalam pidato tersebut, ia juga mengaku merasa gila jika mewariskan dunia yang penuh polusi, rusak, dan hancur kepada penerus generasinya kelak.

Baca: Sesama Kader PKS Berebut Kursi Wagub DKI, Syaikhu: Peluang 50-50

Menurut Charles, generasi mendatang layak mendapatkan masa depan yang lebih baik, termasuk cucunya yang akan lahir tahun depan.

Pria yang akan segera menginjak usia 70 tahun ini mengaku ingin fokus untuk mengurangi penggunaan plastik. Dia pun mendorong penemuan cara inovatif untuk mengurangi limbah plastik.

"Awal yang baik telah dibuat. Masalah sampah plastik di lingkungan, khususnya lautan, sekarang ada dalam agenda," kata dia.

Ayah dua anak itu menyoroti peningkatan sampah plastik yang masuk ke laut setiap tahun. "Kita tidak bisa membiarkan situasi ini berlanjut," ucap dia.

Pangeran Charles yakin akan ada solusi mengenai masalah ini, yang harus segera dilakukan demi kebaikan umat manusia.

Dia pun menekankan pentingnya memerhatikan kelangsungan hidup semua spesies laut yang telah terancam karena ulah manusia.

Saat melakukan tur di Skotlandia bulan lalu, Pangeran Charles mengaku sangat bahagia mengenai kabar kehamilan Meghan Markle. Pria kelahiran 14 November 1948 itu terlihat sangat mencintai cucu-cucunya dan peduli akan masa depan mereka.

Setelah kelahiran Pangeran George pada bulan Juli 2013 lalu, Pangeran Charles menanam sebuah pohon yang ia dedikasikan untuk cucunya.

Putra mahkota Kerajaan Inggris itu bahkan memberinama pohon yang ditanamnya dengan sebutan "Pohon George".

"Ketika saya semakin tua, yang saya inginkan adalah menanam pohon. Saya berharap ini akan sangat menyenangkan bagi George, saat mereka tumbuh dewasa," ucap Pangeran Charles saat menanam pohon tersebut. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved