Berita Nasional Terkini

Mereka yang Dulu Berseberangan Kini Merapat ke Jokowi, Siapa Saja?

Ketua Umum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra, misalnya. Selama ini, ia dikenal vokal dan kerap berseberangan dengan Joko Widodo.

Mereka yang Dulu Berseberangan Kini Merapat ke Jokowi, Siapa Saja?
KOMPAS.com/Fabian Januarius Kuwado
Presiden Joko Widodo berfoto bersama masyarakat di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Minggu (4/11/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Dalam politik tak ada yang abadi. Perubahan sikap dan dukungan hal yang biasa yang terjadi. Ada yang awalnya mendukung, kini memilih berseberangan. Ada pula yang awalnya berseberangan, kini akhirnya merapat dan memberikan dukungan.

Demikian pula pada dinamika yang terjadi jelang Pemilihan Presiden 2019. Pengacara yang juga Ketua Umum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra, misalnya. Selama ini, ia dikenal vokal dan kerap berseberangan dengan Joko Widodo.

Kini, Yusril menerima tawaran menjadi pengacara Jokowi yang kembali maju dalam Pemilihan Presiden 2019 bersama Ma'ruf Amin.

Baca: Sesama Kader PKS Berebut Kursi Wagub DKI, Syaikhu: Peluang 50-50

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, mengatakan, bergabungnya Yusril di barisan Jokowi-Ma'ruf tidak mengagetkan.

Tak hanya Yusril, hal yang sama juga dilakukan sejumlah nama lain, salah satunya Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo.

Baca: Ini yang Bakal Dilakukan Ducati Mengakhiri Konflik Lorenzo dan Dovizioso

"Ini tidak mengejutkan sama sekali, namanya politisi. Kita kan sudah menyaksikan beberapa drama juga ya. Ada Hary Tanoe yang ke sana, TGB (Tuan Guru Bajang) yang ke sana, jadi kalau kemudian Yusril pindah ke sana, enggak mengagetkan sama sekali," ujar Hendri ketika dihubungi, Selasa (6/11/2018).

Berikut ini adalah beberapa nama yang awalnya berseberangan, tetapi kini merapat kepada Jokowi-Ma'ruf:

1. Yusril Ihza Mahendra

Yusril menjadi pengacara Jokowi-Ma'ruf atas permintaan Ketua Umum Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir. Dia mengaku tawaran itu sudah datang sejak lama.

"Maka saya katakan pada Pak Erick, setelah cukup lama hal ini didiskusikan dengan saya, akhirnya saya memutuskan untuk setuju dan menjadi lawyer-nya kedua Beliau itu," tambah Yusril.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved