Berita Flores Timur

MTs Negeri 4 Flores Timur Lestarikan Budaya dengan Kenakan "Nowing Kwatek"

Ini ditandai dengan pengenaan "nowing dan kwatek" saat hari Senin pada minggu pertama tiap bulan. Nowing dan kwatek dikenal sebagai pakaian adat

MTs Negeri 4 Flores Timur Lestarikan Budaya dengan Kenakan
istimewa
Upacara bendera mengenakan nowing dan kwatek yang dilakukan MTs Negeri 4 Flotim, Senin (5/11/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ambuga Lamawuran

POS-KUPANG.COM | KUPANG - MTs Negeri 4 Flores Timur (Flotim) saat ini sedang berupaya melestarikan budaya Lamaholot.

Ini ditandai dengan pengenaan "nowing dan kwatek" saat hari Senin pada minggu pertama tiap bulan. Nowing dan kwatek dikenal sebagai pakaian adat masyarakat Lamaholot.

"Pengenaan nowing dan kwatek ini menjadi tanda kecintaan dan loyalitas tanpa batas terhadap budaya Lamaholot," kata Kepala MTs 4 Flotim, Hasan Sanga Pure, sewaktu memimpin apel perdana dalam minggu pertama bulan November, Senin (5/11/2018).

Dia mengatakan, pengenaan pakaian adat Lamaholot ini tak hanya soal kecintaan terhadap budaya.

Baginya, ada rasa bangga yang tumbuh di hati seorang ibu penenun, jika melihat anak-anak ke sekolah mengenakan tenunan buah tangannya.

"Si ibu penenun itu bisa berpikir, jika sekolah-sekolah yang lain di kecamatan Witihama mencontohi apa yang dilakukan MTs Negeri 4 Flotim ini, maka akan sangat membantu perekonomian ibu-ibu penenun," katanya.

Sanga Pure mengatakan, jika sekolah-sekolah bisa mencontohi pengenaan pakaian adat pada jam sekolah seperti yang mereka lakukan sekarang ini, penghasilan para ibu penenun tentu bertambah.

Sebagai kepala sekolah, Sanga Pure pun menyadari bahwa MTs Negeri 4 merupakan sekolah Islam yang bernuansa religius.

Namun, ujarnya, mereka sangat mendukung program-program yang dicanangkan bupati, selagi tidak bertentangan dengan peraturan di sekolah.

"Selama ini, penggunaan busana Lamaholot (nowing dan kwatek) selalu diidentikkan dengan orang kantoran (birokrasi). Tapi hari ini, kita telah membuktikannya bahwa kita pun bisa," jelasnya. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved