Berita nagekeo

Dinas Pertanian Nagekeo Gelar Kegiatan Bimtek Jabatan Fungsional Bagi Penyuluh Pertanian

Dinas Pertanian Nagekeo menggelar kegiatan bimbingan teknis jabatan fungsional penyuluhan pertanian.

Dinas Pertanian Nagekeo Gelar Kegiatan Bimtek Jabatan Fungsional Bagi Penyuluh Pertanian
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Suasana kegiatan Bimtek Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian Kabupaten Nagekeo, di Aula Setda Nagekeo, Kamis (25/10/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY - Dinas Pertanian Nagekeo menggelar kegiatan bimbingan teknis jabatan fungsional penyuluhan pertanian.

Kegiatan yang melibatkan penyuluh pertanian itu digelar selama dua hari, Kamis (25/10/2018) hingga Jumat (26/10/2018).

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Nagekeo, Drs. Elias Djo.

Baca: Peneliti Utrecht University Kunjungi Kampung Wuring

Baca: Ribuan Penari Likurai Sambut Patung Maria di Betun

Dalam arahannya Bupati Elias mengatakan, pemerintah telah menetapkan adanya jabatan fungsional penyuluh pertanian sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ia mengatakan tujuan ditetapkan jabatan fungsional sebagai jalur pengembangan karier PNS dan meningkatkan kinerja organisasi sehingga jalur pengembangan karier melalui jabatan fungsional dapat dijadikan sarana untuk mencapai jenjang kepangkatan yang lebih tinggi berdasarkan prestasi kerja yang dicapai.

"Sesuai amanah Undang-Undang tersebut, penyuluh pertanian sebagai pejabat fungsional diberi tugas dan wewenang dalam melaksanakan penyuluh mulai dari persiapan, pelaksanaan, pengembangan sampai pada evaluasi dan pelaporan kegiatan penyuluhan. Oleh karena itu, dalam menjalankan tugas pokoknya tersebut, seorang penyuluh pertanian dituntut untuk mampu menggerakan masyarakat dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan," ujar Bupati Elias.

Ia menyebutkan kualitas sumber daya manusia, semangat wawasan, kecerdasan keterampilan dan IPTEK menjadi poin penting yang harus diperhatikan dan harus diasah secara berkesinimbungan karena perkembangan di sektor pertanian selalu mengalami perubahan dari waktu-waktu.

"Satu hal yang pasti bahwa sebagai seorang penyuluh lapangan yang note bene adalah sahabat petani lebih banyak mengorbankan waktu dan tenaga dilapangan," papar Bupati Elias.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan, Sebastianus Dhila, S.Pt, mengatakan, hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini adalah Ir.Yulia Tri Sedywati dari Kementerian Pertanian RI, Suparlan, SH.,M.Si Kabid Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian pada BKN X Denpasar dan Kepala Dinas Pertanian Nagekeo, Wolgan Lena.

Pantauan POS KUPANG.COM, ratusan peserta kegiatan tampak serius saat mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut akan digelar hingga, Jumat (26/10/2018).(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved