Berita Gempa Sulteng

Pemerintah Taiwan Serahkan Bantuan Rp7,5 Miliar untuk Sulteng

Pemerintah Taiwan melalui Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei menyerahkan bantuan 500.000 dolar amerika atau sekitar Rp7,5 miliar

Pemerintah Taiwan Serahkan Bantuan Rp7,5 Miliar untuk Sulteng
(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Arsip Foto. Tim penyelamat mencari korban gempa dan tsunami di kawasan Kampung Petobo, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (2/10/2018). Petobo merupakan kawasan yang mengalami kerusakan paling parah akibat gempa 7,4 pada skala richter (SR) yang terjadi pada 28 September 2018. 

 POS KUPANG.COM - - Pemerintah Taiwan melalui Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) menyerahkan bantuan sebesar 500.000 dolar amerika atau sekitar Rp7,5 miliar bagi para korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Bantuan tersebut disalurkan melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang diserahterimakan secara langsung dari Ketua TETO John Chen kepada Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin di Kantor MUI Jakarta, Selasa.

"Saya turut berduka cita atas bencana yang menimpa masyarakat di Sulawesi Tengah. Semoga melalui bantuan ini dapat meringankan beban para korban," tutur Chen.

Bantuan tersebut merupakan pemberian langsung dari pemerintah pusat Taiwan yang memiliki kedekatan dengan Indonesia.


Menanggapi hal tersebut, Ma'ruf Amin berterima kasih kepada TETO dan pemerintah Taiwan karena telah ikut peduli terhadap kondisi kritis yang terjadi di Sulawesi Tengah.

Selain itu, ia pun merasa terhormat karena pemerintah Taiwan mau mempercayakan MUI sebagai jembatan untuk memberikan bantuan kepada para korban.

"Terima kasih karena mempercayakan MUI untuk menjadi penyampai dan penyalur bantuan tersebut kepada rakyat Palu. Kami berterimakasih yang sebesar-besarnya," pungkas Ma'ruf yang kini menjadi calon Wakil Presiden Pilpres 2019 itu.

Sebelumnya, pemerintah Taiwan juga telah memberikan bantuan sebesar 250.000 dolar Amerika atau sekitar Rp3,7 miliar kepada para korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Bantuan yang diberikan pemerintah Taiwan di Palu berjumlah lebih besar mengingat skala kerusakan dan dampak bencana yang terjadi di Sulawesi Tengah lebih besar dibandingkan Lombok. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved