Berita Kota Kupang

Inilah 8 Lokasi Kastip BI di NTT

Kas Titipan adalah kegiatan penyediaan uang rupiah milik BI yang dititipkan pada salah satu bank untuk mencukupi persediaan kas bank-bank

Inilah 8 Lokasi Kastip BI di NTT
Pos Kupang/Yeni Rachmawati
Kepala BI, Tigor Sinaga 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM|KUPANG--Kas Titipan adalah kegiatan penyediaan uang rupiah milik BI yang dititipkan pada salah satu bank untuk mencukupi persediaan kas bank-bank dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu wilayah atau daerah tertentu.

Di NTT kas titipan sudah hadir di delapan daerah.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT, Naek Tigor Sinaga di Kupang, Jumat (28/9/2018).
Inilah lokasi-lokasi kas titipan yang dibuka Banl Indonesia di NTT ; Kastip Atambua pengelola Bank NTT, Kastip Waingapu pengelola BRI, Kastip Waikabubak pengelola Bank NTT, Kastip Alor pengelola Bank NTT, Kastip Lembata pengelola Bank NTT, Kastip Ende pengelola Bank NTT, Kastip Maumere pengelola Bank NTT dan
Kastip Ruteng pengelola Bank NTT.

Manajer Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Provinsi NTT, Hendrianus P Asa menambahkan,
sesuai undang-undang, salah satu tugas Bank Indonesia adalah mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. Dalam rangka tugas tersebut, BI berwenang melakukan pengelolaan uang rupiah yang meliputi perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, serta pemusnahan uang rupiah.

Selain itu, berdasarkan Pasal 13 PBI No.14/7/PBI/2012 tanggal 27 Juni 2013 perihal pengelolaan uang rupiah disebutkan bahwa kegiatan pengedaran uang rupiah dilakukan melalui kegiatan layanan kas dan distribusi uang rupiah; kegiatan layanan kas sebagaimana dimaksud pada ayat 1 terdiri dari penyetoran, penarikan dan penukaran ; penyetoran dan penarikan dilakukan oleh bank dan atau pihak lain yang ditunjuk oleh bank.
"Salah satu bentuk layanan kas adalah pengelolaan kas titipan. Kas titipan adalah kegiatan penyediaan uang rupiah milik BI yang dititipkan pada salah satu bank untuk mencukupi persediaan kas bank-bank dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu wilayah," jelas Andre.(*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved