Berita Kabupaten Kupang

KPU Kupang Pleno Penetapan DCT Pileg 2019 Hari Ini

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kupang mengagendakan kegiatan pleno penetapan daftar calon tetap caleg 2019 di Kabupaten Kupang.

KPU Kupang Pleno Penetapan DCT Pileg 2019 Hari Ini
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Ketua KPU kabupaten Kupang, Hans Louk memimpin langsung deklarasi pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 di Mapolres Kupang, Rabu (19/9/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - ---Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang mengagendakan kegiatan pleno penetapan daftar calon tetap (DCT) calon legislatif 2019 di Kabupaten Kupang.

KPU setempat menjadwalkan kegiatannya digelar, Kamis (20/9/2018) Pukul 16.00 wita di Oelamasi.

Baca: Julie Laiskodat, Pa Viktor Sukses Karena Rajin Membaca

Baca: Julie Sutrisno Lantik Maria Idong ‎Ketua TP PKK Sikka

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk, melalui Komisioner Divisi Hukum, Elyaser Lomi Rihi, STP menyampaikan hal ini kepada POS-KUPANG.COM, Kamis (20/9/2018).

Ely mengatakan, menjelang dimulainya tahapan pelaksanaan pileg maka KPU berkewajiban menetapkan DCT.

Pihaknya beberapa waktu lalu telah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) kepada publik untuk mendapatkan tanggapan. Namun selama tenggang waktu yang dijadwalkan tidak ada keberatan apapun pada masa uji publik. Untuk itu, katanya, pihaknya menetapkan jadwal penetapan DCT.

"Hari ini (Kamis, 20/9/2018) pukul 16.00 wita bertempat di KPU Kabupaten Kupang di Oelamasi dilaksakan pleno penetapan DCT. Kita sudah sampaikan ke parpol peserta pemilu untuk ikut hadir pada kesempatan ini," jelas Ely.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 564 calon legislatif (caleg) yang terdiri dari laki-laki sebanyak 360 orang dan perempuan 204 orang saat ini masuk dalam daftar calon sementara (DCS). Mereka akan bertarung di 4 daerah pemilihan (dapil) untuk merebut 40 kursi di DPRD setempat.

Elyaser mengatakan, total yang didaftarkan untuk pileg di Kabupaten Kupang sebanyak 572 orang dari 16 parpol. Setelah di lakukan Penelitian serta verifikasi Dokumen ditemukan ada 8 yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Baca: Polda NTT Gelar Apel Operasi Mantap Brata Turangga 2018

Untuk itu maka Jumlah DCS sesungguhnya adalag 564 orang terdiri dari Laki laki 360 orang dan Perempuan 204 orang.

"Mereka berasal dari 16 partai pengusul. Di Kabupaten Kupang untuk pileg ini merebut 40 kursi dengan jumlah dapil 4. Rinciannya, DAPIL 1, 12 Kursi, DAPIL 2, 11 kursi, DAPIL 3, 9 kursi dan DAPIL 4, 11 kursi.

"Sampai sekarang belum ada keberatan dari masyarakat terkait DCS. Masa uji publik sampai tanggal 21 Agustus," jelas Ely. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved