Berita Nasional

HUT ke-70, Polwan Dinilai Miliki Kualitas Sama dengan Polisi Laki-laki

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional Poengky Indarti berpendapat, polwan mempunyai pengetahuan, yang tak kalah dengan polisi laki-laki.

HUT ke-70, Polwan Dinilai Miliki Kualitas Sama dengan Polisi Laki-laki
KOMPAS.com/Teuku Muh Guci S
Polisi wanita (polwan) Polda DIY memberikan vitamin kepada pejalan kaki di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Jumat (4/8/2017) 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional Poengky Indarti berpendapat, polisi wanita (polwan) mempunyai pengetahuan, kemampuan, keterampilan, yang tak kalah dengan polisi laki-laki.

Untuk itu, Poengky meminta, polwan diberi kesempatan dan kepercayaan untuk menjabat posisi strategis.

"Jadi kesempatan untuk Polwan harus sama dengan polisi laki-laki, khususnya dalam mendapatkan posisi-posisi strategis, misalnya sebagai kepala satuan wilayah dan kepala satuan kerja," ujar Poengky saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/9/2019).

Baca: Ledakan Bom di Warnet di Filipina, Satu Orang Tewas

Poengky pun berharap saat perekrutan anggota Polri, kuota untuk perempuan ditingkatkan. Menurut Poengky, Polwan mampu bertugas untuk melayani, mengayomi, serta melindungi masyarakat sesuai tugas yang diembannya.

"Polisi bertugas melayani, mengayomi, melindungi masyarakat dan menegakkan hukum guna terciptanya kamtibmas (keamanan dna ketertiban masyarakat) dan perlindungan terhadap HAM, dan Polwan mampu melakukan tugas tersebut," kata Poengky.

Selain itu, Poengky mengungkapkan Polwan memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus dan layak untuk menduduki posisi-posisi pimpinan Polri, seperti menjadi Kapolda.

"Setelah Ibu Basaria Panjaitan (wakil pimpinan KPK) pensiun dengan 2 bintang, belum ada lagi polwan-polwan yang menyandang bintang 2. Selain itu yang menyandang bintang 1 juga sedikit," tutur Poengky.

Selain itu, Poengky menyatakan, penting bagi Polri untuk membuat kebijakan khusus bagi polwan, misalnya dengan mengesahkan Peraturan Kapolri tentang kesetaraan gender. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved