Berita Kabupaten Ngada

Kadis Pariwisata Ngada Sebut Kerugian Bisa Mencapai Miliaran Rupiah

Kerugian bisa miliaran rupiah atas musibah kebakaran kampung adat Gurusina.

Kadis Pariwisata Ngada Sebut Kerugian Bisa Mencapai Miliaran Rupiah
Facebook/Watu Yohanes Vianey
Pemandangan kampung adat Gurusina yang sedang terbakar. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ngada, Methodius Reo, menyebutkan kerugian bisa miliaran rupiah atas musibah kebakaran kampung adat Gurusina.

Karena jumlah rumah yang terbakar itu 27 rumah adat dan itu biaya saat pengerjaan hingga upacara adat mencapai ratusan juta rupiah. Sehingga bisa diperkirakan warga rugi hingga miliaran rupiah.

Kampung adat Gurusina Desa Watumanu Kecamata Jerebu'u Kabupaten Ngada dilalap si jago merah, Senin (13/8/2018) sekitar pukul 17.40 Wita.

Akibatnya 27 rumah adat ludes terbakar. Sisa rumah yang selamat hanya 6 rumah persis dibagian utara dikampung Gurusina itu.

Kadis yang akrab disapa Todis ini mengatakan, dirinya langsung menuju TKP saat kejadian berlangsung. Ia dan stakeholder dari Pemda Ngada, Polres, BPBD, Pemadam Kebakaran dan Anggota Kodim Ngada langsung terjun ke lokasi untuk mengevakuasi warga dan memberikan penanganan darurat pasca kejadian.

"Total rumah adat di Kampung Gurusina ada 33 rumah. 27 rumah ada ludes terbakar tambah dengan 3 buah Ngadu ( Tiang adat ) serta Bhaga sebanyak 3 buah juga terbakar. Semua itu ludes terbakar," ujar Kadis Todis, ketika dihubungi POS KUPANG.COM, Senin (13/8/2018).

Ia mengatakan, usai kejadian pihaknya langsung berkordinasi dengan Pemda untuk memberikan bantuan darurat kepada warga yang mengalami musibah.

Saat ini warga di Kampung Gurusina sedang berada ditengah kampung dan sedang meratapi rumah-rumah mereka yang hanya terlihat arang yang sudah lenyap dilalap api.

Musibah yang dialami oleh warga Gurusina tentu menjadi musibah bagi Pemda Ngada.

Halaman
123
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved