Berita Kabupaten TTS

Ini Jadwal Sidang Lanjutkan MK Sengketa PHP Pilbup TTS

Situs resmi Mahkamah Konstitusi ( MK), Selasa (14/8/2018) terlihat agenda sidang lanjutan sengketa perselisihan hasil pemilu

Ini Jadwal Sidang Lanjutkan MK Sengketa PHP Pilbup TTS
KOMPAS.COM
Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM|SOE -– Pantauan pos kupang. COM di halam situs resmi Mahkamah Konstitusi ( MK), Selasa (14/8/2018) terlihat agenda sidang lanjutan sengketa perselisihan hasil pemilu ( PHP) Pilbup TTS terjadwal pada Selasa (21/8/2018) Agustus mendatang.

Dalam sidang lanjutan dengan agenda mendengarkan hasil rapat permusyarwaan majelis hakim MK akan sangat menentukan nasib sengketa PHP selanjutnya, apakah dilanjutkan dengan agenda pembuktian atau dihentikan. Jika dihentikan, maka KPU Kabupaten TTS diberikan lampu hijau untuk melanjutkan pleno penetapan hasil Pilbup TTS 27 Juni lalu.

Pemohon sengketa PHP Pilbup TTS yang juga merupakan Wakil Bupati TTS saat ini, Obed Naitboho mengaku, percaya diri jika sidang sengketa PHP Pilbup TTS akan dilanjutkan.

Dirinya mengatakan, seluruh bukti yang diajukan dalam gugutannya menunjukan adanya permainan penyelenggara dalam untuk memenang paket tertentu. Pasalnya, di beberapa TPS ditemukan adanya pengelembungan suara untuk paslon tertentu.

" Percaya saja kalau sidang akan lanjut. Ini bukti semua ada dan kuat. Pak, kami ajukan sengketa ke MK ini hanya untuk mencari kebenaran saja. Kasihan suara rakyat," ungkap Obed.

Dirinya mengaku, tidak bisa mengikuti sidang lanjutan sengketa PHP Pilbup TTS karena harus melaksanakan tugas sebagai Wakil Bupati TTS. Bagaimana pun hingga saat ini, dirinya masih menikmati gaji yang diberikan oleh negara oleh sebab itu dirinya memiliki kewajiban untuk melaksanakan tugasnya sebagai wakil bupati.

"Saya sudah serahkan seluruhnya kepada tim pengacara dan Pak Alex. Saya memang tidak bisa ikut sidang di MK karena jadwal cuti saja sudah berakhir sehingga saya harus kembali menjalankan tugas negara," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU, Julius Efendi Litelnoni mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Panwaslih Kabupaten TTS dan Polres TTS kalau-kalau sidang sengketa PHP Pilbup TTS dilanjutkan dengan agenda pembuktian. Jika sidang dinyatakan dilanjutkan, maka KPU akan melakukan pembukaan kotak suara untuk mengambil C1 pleno sebagai bukti.

" Jadwal sidangnya kami belum dapat, tetapi kami sudah melakukan koordinasi dengan Panwaslih Kabupaten TTS dan Polres TTS untuk melakukan pembukaan kotak suara. Namun hal tersebut bergantung dari hasil sidang lanjutan MK mendatang," sebutnya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved