Berita Kota Kupang

SMKN 7 Kupang Gelar LDKS bagi Siswa Baru

SMK Negeri 7 Kupang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi para siswa baru.

SMKN 7 Kupang Gelar LDKS bagi Siswa Baru
POS KUPANG.COM/RICKO WAWO
SMK Negeri 7 Kupang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi para siswa baru, Kamis (9/8/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan berbagai nilai positif dalam diri siswa, SMK Negeri 7 Kupang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi para siswa baru.

Kegiatan itu diikuti oleh 104 siswa baru SMKN 7 dan berlangsung selama seminggu sejak Senin (6/8/2018) dan akan berakhir pada Sabtu (11/8/2018). Seluruh kegiatan terpusat di kompleks Mako Lantamal VII, Kupang.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan antara lain Peraturan Baris Berbaris (PBB), sistem bela negara, kesamaptaan, empat pilar kebangsaan, pengenalan kurikulum sekolah, kurikulum gerakan pramuka, pengenalan diri, gerakan literasi sekolah, pengenalan kehidupan kapal, olahraga air, dan pembinaan rohani.

Baca: David Beckham Menginap di Hotel Nihiwatu Sumba Barat

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 7 Kupang, Patrisius Leu, yang ditemui di sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan cara sekolah menyiapkan siswa agar dibentuk sesuai dasar pendidikan SMKN 7 Kupang yang berfokus kepada bidang kemaritiman.

Selain itu, dengan LDKS ini siswa mempunyai jiwa kepemimpinan ketika menjalani pendidikan di SMKN 7 Kupang dan bergabung dalam organisasi OSIS, Pramuka, dan Korps Batalyon.

"Ada nilai-nilai yang nanti didapat setelah satu minggu kegiatan ini, seperti karakter kepemimpinan, disiplin, kerjasama, cinta tanah air, semangat belajar, kepekaan sosial. Selain itu, kegiatan juga diarahkan untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan bidang keahlian khusus di bidang kemaritiman sebagai ciri khas dari SMKN 7 Kupang," ungkap Patris.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Kamis (9/8/2018), para siswa dengan rambut dipotong pendek mengenakan seragam berupa kaos berlengan panjang dan celana training terlihat antusias mengikuti kegiatan PBB yang dipandu oleh beberapa anggota TNI AL di pinggir pantai yang bersebelahan dengan area Lapangan Tembak Lantamal VII Kupang.

Mohammad Bintang, salah satu siswa, mengaku senang mengikuti rangkaian kegiatan LDKS. Menurutnya, kegiatan ini membina mental dan fisiknya sehingga bisa menjadi pribadi yang tangguh. Apalagi, Bintang sendiri mempunyai cita-cita menjadi seorang polisi. (*)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved