Berita Kabupaten Nagekeo

Adrianus dan Yanti Senang Ikut Pelatihan Pengolahan Sampah

Peserta yang ikut work shop yang digelar oleh Rumah Literasi Cermat (RLC) Ngada mengaku senang dengan kegiatan itu.

Adrianus dan Yanti Senang Ikut Pelatihan Pengolahan Sampah
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Suasana kegiatan pengolahan sampah Anorganik oleh RLC Ngada di Kurubhoko Wolomeze Bajawa, Jumat (27/7/2018).

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Peserta yang ikut work shop yang digelar oleh Rumah Literasi Cermat (RLC) Ngada mengaku senang dengan kegiatan itu.

Rumah Literasi Cermat (RLC) Ngada bekerja sama dengan Rotary Club (RC) Ditrik 3410, joint Programme RC Bandung Siliwangi, RC Bandung Kota Kembang dan RC Medan Thamrin, menggelar Work Shop Kriya Limba Anorganik.

Kegiatan yang mengangkat tema: “Ketahanan Pangan Berbasis Sampah Rumah Tangga itu berlangsung dua hari, dari Kamis (26/7/2018) hingga Jumat (27/7/ 2018) bertempat di Kurubhoko, Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada.

Seorang peserta, Adrianus Meo Keo, mengaku senang karena bisa mendapat pengalaman baru. Dan sangat bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya.

"Saya dapat ilmu dan pengalaman baru. Dua bahan yang tidak bernilai sehingga bisa tau bagaimana olah sampah menjadi produk yang bernilai jual. Biasanya sampah hanya dibakar, teryata bisa jadi karya seni yang bisa dijual dan bernilai ekonomi," ungkap Adrianus.

Ia mengatakan, hal yang paling sulit adalah bagaimana memulainya sehingga bisa menjadikan sampah sebagai bahan yang berguna.

"Masalah adalah kita tidak punya kemauan. Kebiasaan hanya melihat hasil pertanian sebagai jalan untuk memperoleh uang. Kurang kreatif," siswa SMPN Satap Kurubhoko.

Seorang ibu PPK, Yanti Hayon, mengaku sangat terkesan dengan kegiatan tersebut.

Kesempatan itu menjadi momen sangat penting bisa menimbah ilmu bersama para tutor.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved