Wah! Kadis Pariwisata NTT Beberkan Cara Menjadi Guide. Begini caranya!

sesorang yang ingin menjadi guide, harus punya referensi pengetahuan bukan hanya di dalam bidang pariwisata

Wah! Kadis Pariwisata NTT Beberkan Cara Menjadi Guide. Begini caranya!
POS KUPANG/LEXI MANAFE
Penyerahan Plakat oleh kepala Prodi Bahasa Inggris UKAW kepada Kepala Dinas Pariwisata NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu M.Sioleh kepala Prodi Bahasa Inggris UKAW kepada Kepala Dinas Pariwisata NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu M.Si

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Lexy Manafe

POS-KUPANG.COM|KUPANG-Di sela penyampaian materi di acara seminar pariwisata yang diselenggarakan di salah satu ruangan di kampus UKAW Kupang, Selasa (21/5/2018), Kadis Pariwisata NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu, mengatakan, cara menjadi guide itu cukup mudah.

Hal yang paling penting menurutnya adalah sesorang yang ingin menjadi guide, harus punya referensi pengetahuan bukan hanya di dalam bidang pariwisata, tetapi semua bidang.

"Yang paling penting, kita harus punya referensi pengetahuan dalam berbagai bidang. Karena turis itu tidak hanya bertanya tentang pariwisata. Dia akan bertanya tentang pertanian, peternakan, kebudayaan, seni, dan masih banyak lagi," jelasnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, seorang guide harus bisa berbahasa asing. Tak hanya bahasa Inggris tapi juga bahasa lain.

"Setelah seseorang memeiliki kualifikasi tersebut, dia sudah bisa melengkapi persyaratan administratif lalu mendaftarkan diri atau mengajukan lamaran ke Asosiasi Guide NTT," ungkapnya.

Untuk mendapatkan lisensi guide, diakunya, seorang calon guide harus mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Guide yang resmi.

Setelah mendapat lisesnsi, barulah orang tersebut diberikan wewenang sebagai seorang guide.(*)


Penulis: Lexy Manafe
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved