Penderita Kanker Gusi di TTS Hendak Dirujuk ke Kupang, Tapi Masih Terkendala Masalah Ini

Penderita kanker gusi, Yeheskial Hun (30) belum dirujuk ke RS W Z Johannes Kupang karena hasil lab menunjukan pasien mengalami HB rendah

Penderita Kanker Gusi di TTS Hendak Dirujuk ke Kupang, Tapi Masih Terkendala Masalah Ini
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Penderita kanker gusi, Yeheskial Hun sedang terbaring di salah satu tempat tidur di ruang Mawar E2 RSUD SoE, Rabu (25/4/2018).

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Penderita kanker gusi, Yeheskial Hun (30) belum dirujuk ke RS W Z Johannes Kupang karena hasil lab menunjukan pasien mengalami HB rendah dan kadar sel darah putihnya terlalu tinggi.  Saat ini Yeheskial dirawat di ruang Mawar E2 untuk memulihkan kondisinya sebelum dirujuk ke Kupang.

Baca: 12 Tahun Yeheskial Digerogoti Kanker Gusi, Ternyata Ini yang Membuatnya Bisa Bertahan

Hal ini diungkapkan Direktur RSUD SoR, dr. Ria Tahun, saat dikonfirmasi POS- KUPANG.COM melalui Kepala Tata Usaha RSUD SoE, Richardus Sarenf, Rabu (25/4/2018) di ruang kerjanya.

Ia mengatakan, saat ini dokter terus memantau perkembangan fisik pasien. Untuk memulihkan HB pasien, dokter melakukan transfusi darah dan memberikan asupan makanan bergizi kepada pasien.

Baca: Ini Ungkapan Hati Orangtua dan Istri Yeheskial, Penderita Kanker Gusi Selama 12 Tahun. Sedih!

"Ternyata HB pasien hanya 5,6. Padahal HB normal pada pria dewasa berada di kisaran 12 hingga 14. Untuk itu, pasien diberikan transfusi darah dan memberikan asupan makan bergizi," kata Richardus.

Sambil menunggu keadaan pasien kembali normal, pihak rumah sakit melakukan koordinasi dengan RS W Z Johannes Kupang untuk melakukan rujuk pasien kanker gusi tersebut. Selama perawatan di RSUD SoE semua biaya ditanggung BPJS karena pasien memiliki kartu jaminan kesehatan KIS.

Baca: Walau Tahu Yeheskial Menderita Kanker Gusi, Tapi Paulina Tulus Menerima Cintanya

"Kita terus berkoordinasi dengan RS W Z Johannes Kupang untuk merujuk Pak Yeheskial. Namun sebelum dirujuk HB dan sel darah putih Pak Yeheskial sudah harus kembali normal. Karena itu, terus memantau perkembangan pasien. Untuk biaya pengobatan semua ditanggung BPJS karena pasien memilih kartu jaminan kesehatan KIS," ujarnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM di kamar Mawar E2, tampak Yeheskial Hun sedang terbaring di salah satu tempat tidur ditemani istri dan ayah kandunganya.

Yeheskial mengaku dia merasa lebih baik setelah dirawat di RSUD SoE. Dia mengatakan, sudah menerima transfusi darah gusi menaikan HB-nya yang terlalu rendah. Ia berharap, bisa segera dirujuk ke RS W Z Johannes Kupang untuk menjalani operasi.

"Kemarin sudah terima transfusi darah karena HB saya rendah. Saat ini saya rasa kondisi saya semakin baik. Saya berharap kondisi tubuh saya bisa terus membaik agar secepatnya dirujuk ke Kupang guna dioperasi," katanya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved