Jelang UN SMP, Akun Kemdikbud Dibanjiri 'Curhat' Netizen

Akun resmi instagram Kemendikbud untuk memperingati Hari Warisan Budaya (18/4/2019) justru dibanjiri 'curhat' netizen soal UN SMP.

Jelang UN SMP, Akun Kemdikbud Dibanjiri 'Curhat' Netizen
Pos Kupang/Robert Ropo
UJIAN--para peserta UN SMPK St. Stanislaus sedang mengikuti UN, Senin (9/5/2016). 

POS-KUPANG.COM - Ajakan akun resmi instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) untuk memperingati Hari Warisan Budaya (18/4/2019) justru dibanjiri 'curhat' netizen perihal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP yang akan dilaksanakan Senin depan (23/4/2018).

Akun @laila_rachma menyampaikan ,"Pak besok senin kan smp unbk soalnya jangan susah susah yaa pak." Akun @awrara juga menunggah harapan yang sama pada kolom komentar akun Kemdikbud.ri.

Ada pula 'curhat' siswa SMP dengan akun @shutup_00 yang mengeluhkan sulitnya rumor UN tahun ini dan waktu belajar yang lebih singkat.

Salah satu komentar di akun https://twitter.com/kemdikbud_ri
Salah satu komentar di akun https://twitter.com/kemdikbud_ri (twitter.com/kemdikbud_ri)

Admin akun kemdikbud justru menanggapi hal tersebut dengan balik bertanya, "Lalu apakah dengan membuat ujian yang mudah akan menjamin Indonesia maju?..." Hasil Nilai Evalasi Murni (NEM) akan berimbas pada penerimaan SMA Negeri menjadi bahasan yang membuat pemilik akun @deon_geranda merasa cemas.

"Jadi saya mohon kepada @kemdikbud.ri agar UNBK SMP tahun ini soalnya dibuat mudah dan tidak memakai soal HOTS..."

Kegelisahan yang sama juga disampaikan akun @sidanaamalia yang khawatir tidak dapat masuk SMA favorit lantaran Daftar Nilai Ebtanas Murni (Danem) menjadi salah satu syarat masuk SMA.

Kekhawatiran netizen sulitnya UN SMP mendatang akan berpengaruh pada penerimaan di SMA favorit
Kekhawatiran netizen sulitnya UN SMP mendatang akan berpengaruh pada penerimaan di SMA favorit (twitter.com/kemdikbud_ri)

Akun @yessarelle melemparkan komentar lucu, "pak jangan susa2 soal unbknya, apalagi matnya yg konon katanya pake standar international. standar nasional aja saya udh keder apalagi international mati duduk berdiri saya."

Ada pula yang langsung menyindir dengan mengusung tema yang sedang diangkat.

"Iya warisan budaya tapi kenapa ujian unbknya internasional?" komentar akun @tracychandra.

Komentar warganet perihal Hari Warisan Budaya yang dikaitkan dengan UN SMP yang akan dilaksanakan minggu depan
Komentar warganet perihal Hari Warisan Budaya yang dikaitkan dengan UN SMP yang akan dilaksanakan minggu depan (twitter.com/kemdikbud_ri)

Lebih dari 5900 lebih warganet telah menyukai pembahasan ini dan 300 lebih memberi komentar di akun instagram resmi @kemdikbud.ri ini. (Yohanes Enggar Harususilo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Akun Kemdikbud Masih Dibanjiri 'Curhat' UN SMP

Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved