Minum Air Bisa Menurunkan Berat Badan. Begini Caranya

Mungkin belum banyak yang tahu kalau semakin rajin kita minum air, juga mempunyai manfaat yang lain. Salah satunya adalah menurunkan berat badan.

Minum Air Bisa Menurunkan Berat Badan. Begini Caranya
Thinkstockphotos
Ilustrasi Minum Air 

POS KUPANG.COM - Banyak orang tahu bahwa sekitar 50- 60 persen komponen tubuh kita adalah air. Mungkin banyak orang juga tahu air berfungsi melumasi persendian, dan menjaga tubuh tetap berjalan dengan mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, dan menghilangkan cairan kotor melalui keringat.

Tapi mungkin belum banyak yang tahu kalau semakin rajin kita minum air, juga mempunyai manfaat yang lain. Salah satunya adalah menurunkan berat badan.

Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Obesity menemukan bahwa orang dewasa dengan kegemukan yang meminum 473 ml air setiap sebelum makan kehilangan sekitar 4 kg selama 12 minggu. Hal itu lantaran tambahan air membuat kita merasa kenyang dan akan mengurangi porsi makan.

Selain menurunkan berat badan, dengan minum air juga kita menjadi tak mudah tersinggung. Kalau kita mengalami dehidrasi-bahkan sebanyak satu persen-sudah cukup berpengaruh pada mood, misalnya saja sakit kepala, kelelahan, mood yang buruk, dan fokus kabur, menurut sebuah studi tentang wanita muda yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

Tidak hanya itu. Minum air juga melindungi ginjal. Ginjal merupakan organ pertama yang paling merasakan dampak ketika tubuh kekurangan cairan. Penelitian-termasuk studi 2011 dari University of Australia-menemukan bahwa mereka yang minum lebih banyak air cenderung tidak memiliki penyakit ginjal kronis.

Lantas, berapa air putih yang harus diasup tubuh? Kavouras mengatakan setiap orang, setiap hari membutuhkan kecukupan cairan yang bervariasi.

"Jika kita berkeringat dan AC rusak, kemudian olahraga, maka kita membutuhkan lebih banyak air dibanding dengan kondisi sebaliknya," ungkap Kavouas. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved