Ketua Sinode GMIT Mery Kolimon Imbau Masyarakat NTT Manfaatkan Musim Hujan

Salah satunya adalah membuat lubang jebakan air yang masuk dalam gerakan tanam air.

Ketua Sinode GMIT Mery Kolimon Imbau Masyarakat NTT Manfaatkan Musim Hujan
POS KUPANG/MARIA ENOTODA
Ketua MS GMIT, Pdt. Dr. Mery Kolimon. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Ketua Majelis Sinode GMIT Pdt. Dr. Mery Kolimon mengimbau masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk memanfaatkan musim hujan dengan hal yang bermanfaat untuk kehidupan.

Salah satunya adalah membuat lubang jebakan air yang masuk dalam gerakan tanam air.

Hal ini disampaikannya saat ditemui, Rabu ( 31/1/2018).

“Pada tahun 2018 ini curah hujan di semua daerah di NTT sangat baik. Jangan sia-siakan curah hujan, tetapi buat lubang-lubang jebakan air agar air hujan yang mengalir bisa masuk ke dalam tanah dan memperkuat mata air yang sudah ada sebelumnya,” kata Pdt. Mery.

Pdt. Mery juga menyarankan, untuk merealisasikan gerakan ini diharapkan satu keluarga paling sedikit membuat satu lubang jebakan air agar air hujan tidak mengalir sia-sia ke laut, tetapi meresap ke dalam tanah dan menjadi mata air.

“Kami imbau seluruh masyarakat NTT lintas suku dan lintas agama, marilah kita rawat pulau kita di NTT dan memastikan cadangan air yang cukup di dalam tanah bagi generasi-generasi ke depannya yaitu anak dan cucu kita,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan sejalan dengan program tanam air, dirinya terus mendorong untuk terus memanfaatkan curah hujan yang ada untuk menanam pohon.

Menurutnya, Provinsi NTT harus lebih hijau melalui kontribusi dan perhatian dari semua pihak, lintas sektor, lintas agama, dan lintas suku.

"Kita harus bisa pastikan agar NTT harus lebih hijau dengan tanaman baik tanaman produktif maupun tanaman lain yang membuat pulau-pulau di NTT menjadi lebih subur. Jadi, selain gerakan tanam air, kita mantapkan juga dengan gerakan tanam pohon,” pungkasnya. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved