Operasi Bibir Sumbing

Ruth Monalisa Mengembalikan Senyum Anak TTS yang Tak Normal

Dengan operasi, mereka akan mendapatkan senyuman yang lebih baik dan tentu indranya bisa berfungsi dengan baik dari sisi bicara

Ruth Monalisa Mengembalikan Senyum Anak TTS yang Tak Normal
pos kupang
Ruth Monalisa 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Novemy Leo

POS KUPANG.COM, SOE - Program Direktor Yayasan Smile Train Indonesia, Ruth Monalisa mengungkapkan tujuannya melaksanakan operasi bibir sumbing di SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

"Kami ingin membantu sebanyak mungkin anak-anak dengan celah bibir dan celah langit atau sumbing untuk dapatkan senyum kembali yang normal sperti anak-anak lain pada umumnya," ujar Ruth Monalisa saat ditemui di RSUD SoE, Jumat (29/9/2017) siang.

Wanita yang akrab disapa Mona ini mengatakan dengan operasi bibir sumbing, anak-anak TTS yang menjalani operasi bisa menjalankan kehidupannya lebih baik.

Baca: Dokter Mulai Operasi Bibir Sumbing, Bocah 1,4 Tahun Pasien Pertama

"Dengan operasi, mereka akan mendapatkan senyuman yang lebih baik dan tentu indranya bisa berfungsi dengan baik dari sisi bicara, makan," katanya.

Selain itu, lanjut Mona, anak anak juga bisa diterima secara sosial di lingkungan masyarakatnya.

"Dengan demikian, mereka bisa menjalani kehidupan lebih produktif dan bisa berkontribusi banyak di lingkungan masyarakat masing-masing," imbuhnya.

Yayasan Smile Train Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten TTS menggelar operasi bibir sumbing, Jumat (29/9/2017).

Ada sebanyak 19 pasien bibir sumbing yang menjalani operasi.

Pelaksanaan operasi dipusatkan di RSUD SoE, dilakukan tim dokter yang diketuai dr. Agus Santoso Budi (dokter bedah plastik) dan dr. Birowo, Sp.An (dokter spesialis anastesi).(*)

Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved